Tips Memilih Kursus Bahasa Jerman Online

15 komentar
kursus bahasa Jerman online

Saat ini banyak yang tertarik mempelajari Bahasa Jerman. Tak heran memang, karena Bahasa Jerman termasuk bahasa yang banyak digunakan di Eropa dan juga pamor Jerman sebagai negara adi daya yang sedikit banyaknya mempengaruhi perekonomian dunia.

Untuk teman-teman yang juga berminat untuk mempelajari Bahasa Jerman dan sedang mencari tempat kursus Bahasa Jerman online, kali ini kita akan membahas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih kursus Bahasa Jerman online dan juga rekomendasi tempat untuk belajarnya.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kursus Bahasa Jerman Online

Saat ini banyak lembaga pendidikan bahasa yang menawarkan kursus Bahasa Jerman online maupun offline. Di antara banyaknya program yang ditawarkan dari setiap lembaga pendidikan bahasa yang menawarkan kursus Bahasa Jerman, teman teman bisa memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan tempat mana yang cocok untuk belajar Bahasa Jerman.

1. Pilih Kelas Sesuai Kebutuhan

Seperti halnya bahasa-bahasa lain yang mempunyai level tingkatan ketika mempelajarinya, Bahasa Jerman pun demikian. Teman-teman harus paham terlebih dahulu level-level yang ada dalam belajar bahasa, mulai dari dasar, menengah, lanjutan, dan fasih.

Dari ke empat level yang ada, kira-kira kita akan mengikuti yang mana. Apabila pertama kali belajar, berarti kita sebaiknya memilih level dasar atau A1. 

Selanjutnya periksa apakah tempat kursus yang akan kita tuju menyediakan kelas-kelas yang kita mau. Kalau ada berarti sudah sesuai dengan kebutuhan kita untuk belajar Bahasa Jerman.

2. Periksa Kompetensi Pengajar

Setelah memeriksa jenis kelas yang tersedia, jangan lupa juga untuk memeriksa jajaran pengajar yang disediakan tempat kursus. Pengajar atau guru yang baik tentunya adalah guru yang memiliki kompetensi di bidangnya dan tempat kursus yang baik akan memberikan informasi terkait dengan kualifikasi pengajar yang ada di tempat kursus tersebut.

Indikasi pengajar yang memiliki kompetensi adalah pengajar yang sudah memiliki pengalaman dan bahkan berprestasi dalam bidang pengajaran Bahasa Jerman. Tempat kursus yang memiliki pengajar berkompetensi, berpengalaman, dan berprestasi sangat layak dipertimbangkan untuk menjadi tempat kursus Bahasa Jerman pilihan kita.

3. Tanyakan Sistem Belajar yang Digunakan

Kurikulum adalah salah satu hal yang krusial dalam proses pembelajaran, tak terkecuali di tempat kursus. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk kursus Bahasa Jerman, bisa dicari informasi atau ditanyakan ke nomor customer service-nya, kurikulum dan sistem belajar seperti apa yang digunakan dalam proses belajarnya.

Kursus Bahasa Jerman online by Ruangguru privat

Saat ini secara umum biasanya tersedia sistem belajar online dan juga offline di setiap kursus bahasa. Kemudian kelas yang tersedia pada sistem online maupun offline ini yaitu kelas reguler dan juga privat. Dari ragam sistem belajar yang tersedia, pilihlah sesuai yang bisa dengan kondisi kita, mau offline atau online. Kemudian untuk kelasnya, pilihlah kelas yang juga nyaman versi kita pribadi, mau reguler atau privat.

Kalau ditanya versi saya memilih sistem belajar dan kelasnya, saya pribadi lebih memilih sistem belajar online karena dapat menyesuaikan dengan waktu, kemudian kelasnya pilih yang privat karena belajarnya akan lebih fokus.

4. Cek Fasilitas yang Tersedia

Baik sistem belajar online maupun offline pastinya memiliki fasilitas masing-masing. Ada baiknya periksa terlebih dahulu fasilitas yang tersedia sesuai dengan sistem kelas yang kita pilih pada tempat kursus yang akan kita jadikan tempat belajar.

Untuk fasilitas sistem kelas offline, sebaiknya sediakan waktu khusus untuk berkunjung terlebih dahulu menyurvei tempat kursusnya. Sudah sesuaikah dengan ekspektasi kita atau belum tempat dan fasilitas penunjangnya.

Untuk kelas offline, bisa ditanyakan apa saja benefit yang bisa kita dapatkan ketika mengikuti kelasnya seperti adakah akses video yang bisa kita pelajari dan juga kefleksibelan waktu dalam belajarnya. 

5. Jangan Lupa Minta Pendapat Teman

Terakhir jangan lupa untuk meminta pendapat dan atau rekomendasi dari teman, apalagi kalau temannya pernah mengikuti kursus bahasa Jerman sebelumnya.

Kalau ditanya pendapat saya pribadi tentang rekomendasi kursus Bahasa Jerman online, saya merekomendasikan Kursus Bahasa Jerman Online di  Ruangguru. Kenapa Ruangguru? Karena di Ruangguru tersedia kelas-kelas yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita dalam mempelajari Bahasa Jerman.

Contoh kelas di Ruangguru  adalah Kursus Bahasa Jerman Online secara privat. Kelas ini sangat fleksibel dan akan memberikan pengalaman menyenangkan dalam belajar Bahasa Jerman.

Ruangguru Privat, Rekomendasi Kursus Bahasa Jerman Online

Ruangguru terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik dalam memberikan pengalaman belajar yang berkesan, termasuk dalam belajar Bahasa Jerman. Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan dalam program kursus Bahasa Jerman, Ruangguru layak dijadikan salah satu pilihan terbaik untuk kursus Bahasa Jerman online privat.

Kelebihan Ruangguru privat sebagai rekomendasi kursus Bahasa Jerman online antara lain:

  • Guru-guru terbaik yang siap mengajarkan Bahasa Jerman dengan suasana yang nyaman
  • Fleksiblitas waktu yang dapat menyesuaikan dengan kita
  • Jaminan puas dalam mengikuti pembelajaran 
  • Kurikulum terbaik dengan ragam pilihan, termasuk kelas privat yang tersedia untuk semua jenjang 
  • Fasilitas lengkap, termasuk didalamnya video pembelajaran, tryout, sampai laporan pembelajaran
  • Harga lebih murah sampai bisa menghemat 40%

Banyak, ya, kelebihan Kursus Bahasa Jerman online privat di Ruangguru. Testimoni dari teman-teman yang sudah merasakan kepuasan selama mengikuti kursus pembelajaran juga banyak ternyata.

testimoni ruangguru privatSumber: https://www.ruangguru.com/privat/bahasa-jerman

Cara Daftar Kursus Bahasa Jerman Online di Ruangguru Privat

Teman-teman yang tertarik untuk belajar kursus Bahasa Jerman online di Ruangguru Privat, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam mendaftar untuk belajar di sana

  1. Isi formulir kursus Bahasa Jerman Online yang tersedia di web Ruangguru
  2. Setelah selesai mengisi formulir, tim Ruangguru akan memproses pesanan kita
  3. Salah satu proses yang dilakukan tim Ruangguru adalah mencarikan guru yang sesuai dengan kebutuhan belajar kita
  4. Kalau sudah tersedia pengajar yang sesuai, kita akan dihubungi via Whatsapp untuk mengkonfirmasi
  5. Setelah konfirmasi pengajar, lakukan pembayaran sesuai dengan nominal tagihan yang diinformasikan tim Ruangguru
  6. Kalau sudah selesai dibayar, kita akan dihubungi kembali tim Ruangguru untuk diberikan nomor kontak pengajar yang telah kita pilih dan pembelajaran secara privat siap dimulai
Mudah kan proses nya, ya, teman-teman. Yuk, tunggu apa lagi, siapkan diri untuk Kursus Bahasa Jerman online di Ruangguru Privat dan bersiap terjun ke dunia global dengan kemampuan Bahasa Jerman kamu yang mumpuni.

Related Posts

15 komentar

  1. Kalo Jerman, aku belajar dari suami ku aja, soalnya dia dulu tinggal dan sekolah di sana 😄. Tapi memang aku nya sih yg udah lambat kalo belajar bahasa gini mas. Jadinya cuma sempet belajar bntr amansuami, trus bosen hahahahah.

    Skr si kakak yg lagi seneng bahasa Jerman. Tapi belajar online, Krn papinya ga bisa sering kan ngajarin. Palingan kalo ada yg dia ga paham, baru dia tanya papinya 😁

    BalasHapus
  2. Wah sekarang di Ruangguru Privat ada bahasa Jerman juga ya Pak Yo. Keuntungannya banyak yaa kita bisa pilih gurunya sesuai dengan kebutuhan kita. Belajar pun jadi nyaman.

    BalasHapus
  3. Guru-guru berpengaruh banget ya dalam sistem pembelajaran yang kita ikuti. Memang guru berpengalaman pasti lebih banyak dipilih, jadi menyampaikan materinya akan terasa lebih mengena juga
    Belajar bahasa Jerman kan harus serius ya

    BalasHapus
  4. Jerman memang sudah jadi tujuan belajar maupun bekerja orang Indonesia ya, Mas. Saya sering itu, nonton beberapa channel youtube orang Indonesia yang tinggal di Jerman. Makanya memang harus paling utama dipersiapkan soal bisa, dan kalau bisa fasih berbahasa Jerman. Syukurlah, sekarang sudha banyak kursus Bahasa Jerman. Termasuk di Ruangguru.

    BalasHapus
  5. Bahasa Jerman juga termasuk bahasa yang penting untuk dipelajari ya. Ruangguru memang pilihan terbaik untuk urusan kursus bahasa.

    BalasHapus
  6. Wah sekarang di Ruangguru ada privat bahasa Jerman juga ya. Jadi penasaran gimana sistemnya. Cuss kepo deh

    BalasHapus
  7. Pendapat yang udah pernah kursus jadi masukan banget sih.
    Jadinya udah punya gambaran sebelum join di sana.
    Apalagi ini belajarnya kan di ruangguru pula, jadi makin asik

    BalasHapus
  8. Cakep bgt di RuangGuru ada les bahasa Jerman. Kita ga perlu dtg ke pusat kebudayaan Jerman nih kalo kayak gini. Dulu suka bgt sih ke sana waktu di Jkt. Selalu ikut festival kebudayaan mereka. Pernah suka bgt ama Kanselirnya dulu. Si Angela Merkel. Suka bgt ama kebijakan2nya.

    BalasHapus
  9. Aku suka belajar bahasa.
    Rasanya belajar bahasa itu gak hanya sekedar mempelajari cara pengucapan, penulisannya namun juga budaya hingga kebiasaan baik setiap negara dari mulai kedispilinan yang bisa ditiru.

    Ruangguru kini sangat beragam yaa.. pilihan kursus onlinenya.

    BalasHapus
  10. Belajar bahasa Jerman penting banget nih buat generasi muda karena banyak kesempatan dapat beasiswa kuliah di Jerman. Adik iparku juga sedang kuliah di Jerman. Makasih rekomendasi tempat kursusnya.

    BalasHapus
  11. Jadi keinget dulu pernah dapat bahasa jerman setahun di SMA terus skrg menguap begitu saja kecuali cuma bisa ngucapin danke shchon whahaahah

    BalasHapus
  12. Wah, sekarang kalau mau kursus bahasa Jerman makin mudah ya
    Bisa online dari rumah

    BalasHapus
  13. Udah paling bener deh tips memilih kursra bahasa Jerman online di atas. Biar nggak salah pilih juga, kudu platform terpercaya, kayak Ruangguru Privat ini nih. Makin melebarkan sayap dengan bikin kursus bahasa, keren sih.

    BalasHapus
  14. Wah bahasa Jerman. Keren kali ya. Jadi ingat teman kuliah dulu bisa ngomong pakai bahasa Jerman. Kedengeran keren aja buatku. Sekarang ada ya di ruang guru. Makin lengkap aja nih layanan kursusnya ruang guru

    BalasHapus

Posting Komentar