Aplikasi Desain Grafis Gratis yang Harus Dimiliki oleh Pemula

47 komentar
rekomendasi aplikasi desain grafis

Desain grafis merupakan suatu kegiatan memadukan elemen visual dan tekstual dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip estetika dan komunikasi untuk menciptakan karya seni yang dapat memberikan pesan atau efek tertentu. Dalam dunia digital, desain grafis menjadi sangat penting karena digunakan dalam berbagai macam bidang seperti marketing, desain produk, dan media sosial. Namun, ternyata tidak semua orang memiliki dana untuk mengakses software desain grafis yang mahal.

Aplikasi Desain Grafis Gratis

Seperti dilansir dari situs perbandingan harga gadget, ada 7 aplikasi desain grafis gratis yang harus dimiliki oleh pemula yang ingin terjun ke dunia desain grafis, antara lain:

7 rekomendasi aplikasi desain grafis gratis

GIMP

GIMP adalah salah satu aplikasi desain grafis gratis yang paling populer dan sering dibandingkan dengan Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini memungkinkan penggunanya untuk membuat vektor, grafik, hingga mengedit gambar. GIMP juga menyediakan berbagai fitur yang cukup mudah digunakan sehingga cocok bagi pemula yang baru memulai belajar desain grafis.

Inkscape

Inkscape adalah aplikasi desain grafis gratis lainnya yang fokus pada pembuatan gambar vektor. Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula yang ingin membuat ilustrasi, desain logo, hingga membuat berbagai ikon grafis. Dalam penggunaannya, Inkscape sudah dilengkapi dengan berbagai alat bantu seperti pengaturan warna, kontrol transparansi, serta fitur kurva bezier.

Canva

Berbeda dengan kedua software di atas, Canva adalah platform desain online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam desain seperti poster, undangan, hingga slide presentasi dengan mudah. Platform ini sangat populer di kalangan admin media sosial, karena dapat membantu membuat grafik yang eye-catching dalam waktu singkat.

Design Wizard

Platform ini memiliki kemiripan dengan Canva baik secara tampilan maupun metode desainnya. Design Wizard tersedia versi gratis dan berbayar dan bisa digunakan untuk membuat desain poster, undangan, postingan media sosial, dan lain-lain.

Pixlr

Pixlr merupakan aplikasi desain grafis gratis yang sangat cocok bagi pemula yang suka mengedit gambar secara online. Selain itu, Pixlr juga bisa digunakan untuk mendesain efek pada gambar, membuat gambar vektor, serta dilengkapi dengan berbagai fitur seperti penyesuaian warna, filter, dan pengaturan lapisan.

Blender

Bila beberapa aplikasi dan software di atas fokus pada gambar, Blender punya kelebihan lain yaitu mengedit video dan membuat animasi. Untuk keperluan edit gambarnya sendiri, Blender bisa menghasilkan grafis 3D, model 3D, dan efek visual. Cocok bagi pemula yang ingin belajar membuat animasi atau grafis 3D.

SketchUp

Khusus bagi desainer grafis yang fokus pada pembuatan desain interior yang berhubungan dengan arsitektur, maka bisa mencoba menggunakan SketchUp. Selain itu, kamu juga bisa membuat desain dan model 3D juga. Kalau ingin lebih serius, tersedia juga versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

IndiHome

Saat ini, akses internet menjadi semakin mudah dengan hadirnya IndiHome dari Telkom Indonesia. Dengan menggunakan IndiHome, kamu bisa memanfaatkan kecepatan internet yang tinggi untuk membuka aplikasi desain grafis yang telah disebutkan di atas.

Hal ini tentu memudahkan pemula dalam belajar desain grafis tanpa terkendala oleh kecepatan internet yang lambat. Selain itu, IndiHome juga memberikan berbagai manfaat lain seperti akses TV berbayar, telepon rumah, hingga WiFi gratis di beberapa tempat.

Nah, itulah 7 aplikasi desain grafis gratis yang harus dimiliki oleh pemula yang ingin terjun ke dunia desain grafis. Dalam penggunaannya, pastikan kamu menguasai dasar-dasar desain grafis terlebih dahulu agar hasil desainmu lebih maksimal. Dengan adanya IndiHome, pemula dalam dunia desain grafis juga bisa memanfaatkan kecepatan internet yang tinggi untuk menghasilkan desain terbaik.

Related Posts

47 komentar

  1. Baru pake 3 aplikasi dari semua itu. Yakni nomor 3, 5, 7. Tapi yg utama sih Canva krn udh familiar lama. Paling mudah digunakan utk apa aja. Harga berlangganan paket premium pun jg terjangkau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih Mas Didik, saya juga pakai Canva. Udah cukup lama juga sih, soalnya fiturnya cukup lengkap dan mudah digunakan

      Hapus
  2. Sejauh ini saya baru pakai dua aplikasi saja, yaitu Canva dan Pixlr. Keduanya punya fitur masing-masing yang sangat bagus untuk mengedit foto. Kayaknya seru juga nih pakai aplikasi yang lainnya.. Makasih banyak loh infonya ya... Keren sangat nih artikelnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah baru Canva doang, pengen nyobain Pixlr juga. Mudah enggak, Mas?

      Hapus
  3. Saya sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi desain grafis ini, Mas. Gratis lagi. Jadi pas untuk saya yang pemula. sangat membantu saat membuat info grafis di blog. Dan saya seringnya pakai Canva.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Pak Bams,
      Daku pun juga terbantu adanya aplikasi tersebut, apalagi si Canva. Simple buat digunakan, yang penting terhubung dengan internet jadi sat-set-sat-set deh

      Hapus
  4. Baru familiar ama app Canva aja sih Mas, belum coba yg lain. Sepertinya banyak yang menarik.

    Sekarang bikin desain grafis makin mudah dengan berbagai aplikasi di HP dan gak usah buka laptop/PC kayak dulu.

    BalasHapus
  5. Blogger kudu akrab juga dengan desain grafis untuk mempercantik tampilan artikel blog. Semua bisa diakses online dengan adanya layanan internet cepat tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak Salma. Beberapa aplikasi desain grafis di atas membuat kita makin mudah membuat infografis untuk blog. Jadinya blog makin terlihat menarik

      Hapus
  6. Dari 7 aplikasi desain grafis yang disebutkan di atas saya tertarik pengen coba Blender sama Sketch Up. Dan pengen banget bisa ikut kursus desain grafis. Seru kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tertarik mau mencoba yang Sketch Up mbak Sarrah, kayaknya asik deh. Makin banyak pilihan makin seruh nih, mbak

      Hapus
  7. Sejauh ini yang saya kenal baru Canva saja. Rupanya banyak sekali aplikasi yang bisa dijajal jika punya ketertarikan besar dalam bidang grafis ya. Paling nggak sebagai blogger, jadi belajar desain juga sedikit sedikit untuk mendukung tulisan yang ditayangkan.

    BalasHapus
  8. ternyata ada banyak juga yaa selain canva. makasi rekomendasinya kak.. nanti kapan2 bisa coba untuk mendukung tulisan di blog

    BalasHapus
  9. Daku pernah ceki-ceki Pixlr, cuma karena belum terbiasa jadinya belum fasih menggunakannya. Sehingga beralihnya ke Canva lagi karena sudah terbiasa

    BalasHapus
  10. GIMP & inkscape yang kadang kupakai kalo gak ada Photoshop & coreldraw

    BalasHapus
  11. Udah pernah coba Pixlr, tapi masih setianya sama si Canva. Makin mudah saat ini kalau mau berkreasi. Tinggal pilih yang menurut kita mudah, sudah selesai deh

    BalasHapus
  12. Dari semuanya Canva paling favorit nih. Lainnya belum pernah coba, tapi menarik untuk dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih, Kak. Saya juga saat ini seringnya pakai Canva. Sangat membantu membuat infografis untuk keperluan postingan blog.

      Hapus
    2. Sama kak paling gampil emang pake Canva. Bahkan ada template siap pakai

      Hapus
  13. Ya Allah, banyak rupanya aplikasi design grafis. Napa aku cuma paham Canva aja. Mesti coba pakai yang lainnya nih. Biar bisa mempercantik tulisan blog atau media sosial karena fotonya cakep.

    BalasHapus
  14. iihhh aku akhir-akhir ini juga suka nih gambar-gambar, hehhe. Ternyata banyak yaa aplikasi gratis kayak gini, oh iyaaa tambah satu lagi dong namanya Procreate/Pocket rekomended juga loh!

    BalasHapus
  15. Dari ketujuh aplikasi tersebut, aku baru nyobain Canva. Pengen belajar aplikasi yang lainnya juga sih...

    BalasHapus
  16. Wah banyak juga ya ternyata. Saya tahunya cuman canva doang. Wkwwk

    BalasHapus
  17. Ternyata ada banyak aplikasi desain grafis ya. Yg ku tahu cuma canva sama2 SketchUp doang. Yg lain baru tahu dan tentunya belum pernah nyoba.

    BalasHapus
  18. Aku tim canva. Bagiku udah paling mudah banget tapi sayang yg free jadi dikit banget grafisnya hmmmm.

    BalasHapus
  19. Ada banyak ya ternyata aplikasi desain grafis yang murah yang bisa kita gunakan. Aku kadang pake inkscape kadang pake canva. Bikin yang simple saja...

    BalasHapus
  20. Dari sekian banyak tools itu aku cuma bisa Canva hahaha. lainnya ngga bisaa atau memang males nyoba dan belajar juga wkwkwk. dasar pemalas emang.

    BalasHapus
  21. Wah ternyata ada banyak aplikasi desain selain Canva. Duh, baru tahu aku. Pengen cobain satu-satu ah. Makasih infonya

    BalasHapus
  22. Yang bisa kupakai cuma Canva doang euy... Lainnya belum pernah coba, bahkan ada yang baru tahu namanya.

    BalasHapus
  23. Sebagai orang yang gak bisa design, aku masih setia dengan canva sih.. karena serba praktis!

    BalasHapus
  24. aku pernah pake Sketchup ini seru banget berasa main the sims hehe. tapi sekarang laptopnya nggak sanggup. kalo desain grafis sih aku mengandalkan Canva. asli sangat etrbantu karena ada versi aplikasi dan website. jadi gampang banget kalo desain di hp dan laptop

    BalasHapus
  25. Wew, apakah ada rekomendasi edit video secara online juga? Sering bingung saking banyaknya, wkwkwk

    BalasHapus
  26. Semoga tahun ini bisa belajar aplikasi desain grafis lainnya selain Canva. Maklum belum familiar dengan aplikasi tersebut dan belum banyak webinar2 tentang aplikasi ini. Emang aku aja sih yang kurang aktif lihat tutorialnya. Kalo Canva sih udah ikut groupnya.

    BalasHapus
  27. Aku cuma baru bisa pakai canva dan sedikit sketchup tapi udah mulai lupa juga nggak sering praktek

    BalasHapus
  28. Dari semuanya itu aku cuma pake Canva. Emang andalan banget nih aplikasi desain grafis untuk bantu pekerjaan kreatif seperti blogger ini.

    BalasHapus
  29. Bener banget, dengan menggunakan IndiHome, siapa pun bisa memanfaatkan kecepatan internet yang tinggi untuk membuka aplikasi desain grafis. Mendukung bagi pemula

    BalasHapus
  30. Dari ke-7 aplikasi yang disebutkan di atas yang sering kupake adalah Canva. Kenapa? Karena lebih gampang dan fiturnya lebih lengkap.

    BalasHapus
  31. Aku cuma tahu Canva. Hehe.... Mungkin karena kebutuhanku yang sangat simpel memang udah terpenuhi oleh Canva. Tapi abis baca ini sepertinya pengen nyoba yang Sketch Up.

    BalasHapus
  32. Saya baru tahu Canva nih, padahal banyak ya, aplikasi untuk belajar design grafis. Biar makin bagus promosi atau untuk kebutuhan konten kita.

    BalasHapus
  33. Taunya Canca aja, ternyata bnyk ya aplikasi design grafis yg bisa digunakan

    BalasHapus
  34. paling familiar sama canva pastinya diriku soalnya mudah banget digunakan. sempat juga belajar skecth up cuma diriku kurang telaten jadinya nggak kepegang lagi deh

    BalasHapus
  35. Masih setia pke canva kak, lebih banyak pilihan dan gratis.

    BalasHapus
  36. Canva mah yang paling favorit. Terbaik dah kalau urusan bikin desain grafis gratis. Aku pernah nyoba pakai Inkscape tapi masih belum nyaman pas menggunakannya. heuheu. Tapi emang yang paling penting ya pas bikin desain tuh sinyal internet kenceng!

    BalasHapus
  37. Kenapa ya, di laptopku SketchUp yang ku instal crashed gitu.
    Jadi sedih, tapi alhamdulillah ada rekomendasi aplikasi desain grafis dari blog kak Yonal. Jadi bisa tetap eksis mendesain yang cantik cantik untuk kepentingan sosial media.

    BalasHapus
  38. Kala yg aplikasi untuk desain grafis yang praktis

    BalasHapus
  39. Kalau aplikasi untuk desain grafis yang praktis yang bisa digunakan PC maupun handphone tetep canva sih, kalau aplikasi gambar di hp saya suka Ibis paint

    BalasHapus
  40. Dari 7 aplikasi desain grafis yang dibahas, saya familiernya sama Canva, Inkscape, pixlr. Terima kasih rekomendasi yang lainnya jadi ada wawasan dan info kalau mau nyobain aplikasi yg lain.

    BalasHapus

Posting Komentar