7 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Beli Mobil Bekas

20 komentar
hal yang harus diperiksa sebelum membeli mobil bekas

Berbeda dengan membeli mobil baru, ketika kamu memilih mobil bekas untuk dipinang, ada banyak hal yang wajib dicek. Pasalnya, mobil second/bekas sudah pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya, jadi sangat wajar jika ada minus di sana-sini. 

Tugas kamu adalah memastikan bahwa minus yang ada di mobil tersebut tidak terlalu parah. Jika memang sudah melebihi batas wajar, jangan ambil unit tersebut dan carilah unit lain.

Cek Ini Sebelum Beli Mobil Second

Terdapat banyak hal yang wajib untuk kamu cek ketika akan membeli sebuah mobil second, mari simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Cek Kondisi Eksterior

Periksa mulai dari bagian luar mobil untuk melihat apakah ada baret atau warna cat yang tidak rata. Kaca, ban, dan lampu juga harus diperiksa untuk memastikan kondisinya benar-benar bagus.

2. Pastikan Bukan Bekas Tabrak

Pastikan kamu tidak membeli mobil yang bekas tabrakan. Caranya mudah, coba periksa rangka depan mobil, jika terdapat bengkok, penyok, dan goresan, maka bisa dipastikan bahwa mobil ini pernah dipakai tabrakan.

3. Periksa Kondisi Stir

Stir kemudi juga perlu dipastikan bahwa tidak ada bunyi dan tidak berat. Di sinilah pusat pengendalian mobil berada sehingga harus sangat diperhatikan.

4. Pastikan Rangka Tidak Keropos atau Berkarat

mobil bekas

Cek pada bagian rangka, pastikan tidak ada karat maupun keropos. Pasalnya, karat dan keropos akan sangat sulit untuk diperbaiki. Jangan mau rugi dengan membeli mobil second penuh karat dan sudah keropos meski harganya murah.

5. Pastikan Bukan Bekas Banjir

Karat di lokasi yang tidak semestinya juga bisa menjadi pertanda bahwa mobil pernah terendam banjir. Cara lain untuk memastikannya adalah ada bau apek dari interior? Jika ada, kemungkinan mobil ini pernah terendam atau dipakai menerjang banjir.

6. Cek Fitur-fitur di Interior

Di bagian interior mobil terdapat begitu banyak fitur, mulai dari head unit, audio system, AC, dan masih banyak lagi. Pastikan bahwa semua bagian tersebut berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan.

7. Surat-surat dan Riwayat Service

Selain kondisi fisik dari mobil, memastikan seluruh dokumen atau suratnya juga sangat penting karena berkaitan dengan legalitas. Jangan lupa memastikan bahwa mobilnya juga diservice dengan rutin.

Tips Membeli Mobil Second Kualitas Terbaik

Bagi orang awam yang kurang terlalu paham dengan mobil, melakukan pengecekan terhadap semua hal di atas tentu akan sulit. Belum lagi kamu juga tidak memahami secara pasti, seperti apa kondisi mobil yang harus dihindari.

mobbiSumber: https://www.mobbi.id/cari-mobil

Agar tidak zonk saat beli mobil bekas, sangat disarankan untuk membelinya melalui mobbi. Perlu diketahui bahwa mobbi merupakan marketplace mobil second/bekas di mana kamu bisa membeli mobil second atau bahkan menjadi penjualnya.

Sebelum dipasarkan, mobil-mobil second harus melalui inspeksi terlebih dahulu. Jika kondisinya bagus, barulah bisa diiklankan di mobbi. Platform satu ini juga memberikan informasi kualitas mobil menggunakan grade A, B, dan seterusnya.

Dengan begitu, kamu bisa memilih sendiri kualitas dari mobil second yang ingin dibeli. Seluruh transaksi di sini juga aman dan terlindungi.

Related Posts

20 komentar

  1. Pas banget nih Kak aku lagi pengen cari mobil second untuk memudahkan antar jemput anak. Syukurlah sekarang ada Mobbi ya jadi mobil yang dijual di sana bener2 kualitas bagus dan harganya juga terjangkau.

    Mas Yonal suka mobil sedan atau tipe yang lain nih?

    BalasHapus
  2. Beli mobil bekas emang tricky banget. Kudu pinter untuk memilih dan memilih. Kita juga kudu ngecek dengan teliti. Kalau ngga mau repot ke Mobbi aja ya

    BalasHapus
  3. Jadi ingat sekarang saya lagi berburu oli bekas. Bukan buat kendaraan sih, tapi buat melumasi pagar biar tidak dipakai tetangga menjemur di sana. Hehehe

    BalasHapus
  4. Pastikan bukan bekar banjir, nah ini sangat penting. Karena kalau dah kena banjir,semua onderdil dah terendam air pastinya performanya ga akan baik-baik saja di kemudian hari

    BalasHapus
  5. Mobil second kalau belinya pas juga bisa banget bertahan lama dan minim service yang berat-berat ya.. Jadi ketika beli, lebih baik banyak referensi di mobbi.id

    BalasHapus
  6. Lebih nyaman memang kalau beli mobil bekas di tempat pembelian yang terpercaya. Demi sedikit menghindari sedikt banyak masalah yang datang bersamaan sama si mobil, semisal bekas tabrak atau banjir.

    BalasHapus
  7. Kalau tahu apa saja yang harus diperhatikan saat beli mobil bekas, membeli mobil bekas cukup menguntungkan
    Bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki ya mas

    BalasHapus
  8. hal-hal diatas wajib banget dilakukan saat beli mobil bekas. soalnya bahaya banget kalo kondisi mobil kurang proper waktu dijalan

    BalasHapus
  9. Cari mobil second memang kudu diperhatikan perintilan ya kak, agar tetap nyaman buat dikendarai. Serta tahu nih bagian maupun fitur dari kendaraan tersebut sebelum membeli

    BalasHapus
  10. Memang penting banget sih ini karena mobil itu ibaratnya kan agak mahal, jadi kalau beli second harus beneran dicek segala spek dan permesinannya...supaya jangan sampai ketika dikendarai bermasalah...paling ngerinya lagi mogok di jalan...hehe

    BalasHapus
  11. Emang sih kalo beli mobil bekas tuh banyak banget yg harus diperhatikan. Asal kita jeli, bs dapat barang bgs dgn harga lbh terjangkau.

    BalasHapus
  12. beli mobil bekas emang riskan kalo ngga paham gitu. jadi mesti jeli dan sabaarrr ngga buru2 dan tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada mobbi gini jadi lebih terbantu kalo mau beli mobil bekas yekaann

      Hapus
  13. Benar-benar harus teliti banget sih ini, takutnya gak dicek pas udah beli nyesel ya kan? Biasanya aku ajakin sodara juga kalau hal-hal otomotif kayak gini nih.

    BalasHapus
  14. Benar-benar harus teliti ya. Ternyata banyak yang perlu dicek selain tahun pembuatan sama riwayat mobil

    BalasHapus
  15. Beli kendaraan second memang harus teliti sih, untung ya sekarang ada Mobbi. Buat orang yang enggak paham mesin kayak aku ini, Mobbi sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  16. Beruntung banget kalau bisa beli second dari tangan pertama dan terawat banget

    BalasHapus
  17. Bagus tipsnya, kemarin lihat blognya Yono Bakrie bareng nopek, ia baru aja beli mobil bekas, emg kalo di lihat dari luar dan mesinnya masih jos, tapi ada satu hal yg tersembunyi. Saat buka tempat bagasi penyimpanan ban cadangan terdapat "kolam ikan" artinya bisa jadi

    BalasHapus
  18. Penting banget nih, untuk memastikan bahwa mobil tidak pernah mengalami kecelakaan seperti tabrakan. Dan ini harus teliti banget karena menurut info driver aku, banyak banget penjual yang mengganti sparepart menjadi yang baru semua. Jadi, sulit menentukan mobilnya benar-benar masih kondisi bagus atau tidak. Karenanya, harus beli ditempat terpercaya.

    BalasHapus
  19. Aku tau mobbi.id sebagai salah satu platform untuk beli mobil
    Sering cek juga harga mobil bekas yang berkualitas disana

    BalasHapus

Posting Komentar