Kota Bekasi Dulu dan Kini

19 komentar
Bekasi adalah salah satu kota penyangga ibukota Jakarta. Dengan pembagian wilayah menjadi Kabupaten dan Kota, Bekasi tumbuh sebagai wilayah sentra industri dan juga pilihan tempat tinggal untuk kaum Urban.

Kota Bekasi sendiri selain sebagai kota penyangga, juga disebut sebagai kota metropolitan karena berbatasan langsung dengan Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan daerah satelit lainnya seperti Bogor dan Depok. Oleh karena itu, Kota Bekasi tumbuh menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Sejarah dan Perkembangan Kota Bekasi

Ada keunikan sendiri dari Kota Bekasi ini, di mana wilayahnya secara teritorial masuk ke dalam Provinsi Jawa Barat yang notabene bersuku Sunda, namun di Kota Bekasi sendiri penduduknya lebih dominan suku Betawi. Hal ini karena memang Kota Bekasi yang berbatasan langsung dengan Jakarta, sehingga banyak pula terjadi asimilasi budaya dan juga bahasa antara suku Sunda dan Betawi.

Kota Bekasi Zaman Dulu

Di laman Wikipedia disebutkan bahwa nama Bekasi berasal dari kata Bagasasi, yaitu nama sebuah sungai yang melewati kota itu. Kata Bagasasi sendiri mempunyai persamaan kata dengan Candrabaga yang tertulis dalam Prasasti Tugu pada zaman Kerajaan Tarumanegara.

Pada zaman Kerajaan Tarumanegara, Bekasi adalah ibukota negara dengan nama Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri. Bekasi pada zaman dulu dipercaya sebagai wilayah asal Pendiri Kerajaan Sunda yaitu Maharaja Tarusbawa.

Bekasi juga menjadi salah satu wilayah yang banyak menyimpan bukti-bukti wilayahnya sebagai bagian dari tatar sunda. Hal ini terbukti dengan ditemukannya 4 Prasasti Kebantenan yang dipercaya ditulis oleh Prabu Siliwangi.

Bekasi yang menjadi daerah strategis karena menjadi penghubung Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta ini pernah dikuasai oleh 3 kerajaan, yaitu:
  • Kerajaan Tarumanegara (abad ke-5)
  • Kerajaan Galuh (abad ke-8)
  • Kerajaan Pajajaran (abad ke-14)

Kota Bekasi Saat Ini

kota bekasi

Seiring berjalannya waktu, kini Kota Bekasi tumbuh dan berkembang menjadi kota yang maju. Perannya sebagai kota satelit menjadi keuntungan sendiri karena perkembangannya beriringan dengan Ibukota Jakarta, sehingga menciptakan area metropolitan, bahkan megapolitan

Segala penunjang kota modern kini hadir di Kota Bekasi. Pemukiman, gedung-gedung, dan juga transportasi, kini menjadi hal-hal yang lumrah seperti halnya di kota-kota besar.

Sebagai daerah penyangga ibukota, Kota Bekasi dari segi transportasi telah terhubung dengan Jakarta melalui Bus Transjakarta dan juga kereta api commuter. Terakhir, pembangunan LRT (Light Trail Transit) di DKI Jakarta juga terhubung dengan Kota Bekasi untuk menunjang mobilitas warganya yang juga banyak bekerja di wilayah Jakarta.

Dengan potensi jumlah penduduk lebih kurang 2,5 juta jiwa, Kota Bekasi memang sejatinya mempunyai moda transportasi yang mumpuni untuk melayani masyarakatnya yang mempunyai mobilitas tinggi. Selain transportasi, kebutuhan tempat tinggal bagi masyarakat Kota Bekasi menjadi sesuatu yang vital, apalagi jika tersedia koneksi yang erat antara pemukiman dengan kemudahan akses transportasi, pasti akan menjadi prioritas bagi masyarakat untuk menjadi tempat tinggal ideal yang ingin ditempati.

Gateway Park of LRT City

gateway park apartment
Menjawab kebutuhan masyarakat akan kebutuhan tempat tinggal yang terintegrasi dengan kemudahan transportasi masal dan modern, Gateway Park Apartment of LRT City hadir di Kota Bekasi sebagai solusi bagi kaum urban yang sedang mencari rekomendasi hunian terbaik. Dengan konsep Transit Oriented Development (TOD), Gateway park hadir menciptakan konsep yang compact yaitu dengan pengadaptasian tata ruang campur dan memaksimalkan peran angkutan massal LRT.

Terletak di salah satu wilayah Kota Bekasi, tepatnya di Jatibening, Gateway Park terhubung dengan stasiun LRT Jatibening Baru. Tentu saja hal ini akan menjadi poin plus bagi penghuninya karena akan memudahkan untuk melakukan mobilitas sehari-hari.

Selain terhubung dengan stasiun LRT Jatibening, Gateway Park juga menyediakan fasilitas suttle bus untuk kemudahan shift dan transit. Bagi yang ingin beraktivitas sambil olah raga ringan, semua insfratruktur di Gateway Park juga walkable, sehingga bisa diakses dengan berjalan kaki dengan koridor yang ramah lingkungan.

walkable koridor

Tidak hanya tentang integrasi dengan LRT saja yang menjadi kelebihan, Gateway Park Apartment juga memiliki keunggulan-keunggulan lain seperti:

  • Gateway Park menggunakan sistem mixed-used sehingga berpadu dengan area komersil. Jadi, kebutuhan-kebutuhan vital seperti pusat perbelanjaan, Bank, dan ATM lengkap tersedia di sini
  • Selain tersedia area komersil sendiri, Gateway Park juga dekat dengan fasilitas-fasilitas umum lainnya seperti stasiun kereta api, mall, rumah sakit, bahkan akses jalan tol
gateway park bekasi
So
, untuk teman-teman yang tertarik dengan konsep hunian yang mempunyi nilai investasi tinggi, lokasi strategis, dan terletak di kawasan premium, Gateway Park Apartmen of LRT City ini bisa banget menjadi pilihan alternatif untuk hunian terbaik di Kota Bekasi yang kekinian dan modern. 
Real time for good life.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bekasi
https://www.rumah123.com/perumahan-baru/properti/bekasi/gateway-park-of-lrt-city/nps1625/009
2-01-03743

Related Posts

19 komentar

  1. kakakku tinggal di bekasi tapi dekat grand wis walau rumahnya masih agak jauh dari situ dan masuk perumahan lain. Tapi emmang agak mencengangkan mas yonal melihat perkembangan bekasi. Sebab dah lama ga ke sana tetiba banyak perkembangan properti di sana. Mungkin karena banyak penduduknya karena biarpun pada kerjanya di jakarta ambil rumahnya di pinggiran jakarta termasuk bekasi yang dalam hal ini masuk lingkup botabek..tak jarangpembangunan apartemen juga makin gencar seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk meninggali hunian vertikal dewasa ini ^^

    BalasHapus
  2. Jadi pengen balik ke rumah mertua pak. Bekasi bikin kangen. Eh, yang bikin kangen Bekasinya apa orangnya sebenarnya.

    BalasHapus
  3. Masya Allah amazing ya menyimak perkembangan Bekasi dulu dan kini, aku kadang juga berpikir saat menatap bangunan-bangunan tinggi dan segala macem yang memadati Surabaya, seperti apa tempat yang kulewati dahulu.

    BalasHapus
  4. Bekasi memang saat ini sudah menjrlma menjadi kota megapolitan ya, semua serba ada di Bekasi. Apalagi dengan kehadiran investasi tinggi, lokasi strategis, dan terletak di kawasan premium, Gateway Park Apartmen of LRT City

    BalasHapus
  5. Bekasi memang saat ini sudah menjelma menjadi kota megapolitan ya, semua serba ada di Bekasi. Apalagi dengan kehadiran Gateway Park Apartmen of LRT City ini makin bikin Bekasi jadi pilihan investasi tinggi masa depan.

    BalasHapus
  6. Aku bukan orang bekasi dan gak tahu juga giman dulunya. tapi untuk masa kini, setuju banget sih kalo bekasi yang sekarang metropolitan banget. cuma cuacanya panas ya disana

    BalasHapus
  7. Waaah jadi membayangkan gimana menariknya kota bekasi.. Semoga lain waktu bisa mampir singgah di kota ini..

    BalasHapus
  8. Perkembangan yang cukup pesat beriringan dengan kota kota di dekatnya seperti jakarta ya. Apalagi dengan adanya hunian yang bisa dijadikan investasi ke depan, jadi makin ramai dan maju bakalan

    BalasHapus
  9. Termasuk yang sering saya singgahi karena memang satu kesatuan dengan Bogor sejak dulu.
    Bekasi sekarang makin padat dan pastinya makin ramai.
    Makin seneng kesana karena sekarang bisa naik kereta api.

    BalasHapus
  10. Shalawatin dulu aja ini hunian Gateaway Park-nya. Semoga suatu saat dimasa depan bisa punya hunian sendiri Aamiin
    hehehe

    BalasHapus
  11. wah bener kalo dibilang penyangga jakarta ya. soale teman dan alumni dari kampusku rata2 kerja di bekasi sih , wah kalo punya investasi properti di sana cukup strategis sih banya para pekerja

    BalasHapus
  12. Wajah bekasi emang jauh berubah dalam 2 dekade ini. saya kecil dan besar di bekasi, tapi lama nggak ke sana setelah menetap di semarang. tetap jadi alternatif hunian yang nyaman dan lebih terjangkau bagi yang bekerja di jakarta walau dianggap jauh sampe dibilang planet lain, wkwkwkwk. salam dari anak bekasi.

    BalasHapus
  13. Makin penasaran nih dengan hunian seperti itu kira" harganya brp ya.. Hehee,,
    Tapi memang pantas sih walau dipinggiran jakarta tapi bisa menjadi penyangga jkarta.. Keren perkembangannya..

    BalasHapus
  14. Jabodetabek itu memang wilayah yang sibuk. Hunian strategis adalah kunci buat mendukung produktifitas. Jadi emang prospek invest hunian di daerah tsb menguntungkan sih. Sekarang juga yang kerja di Jakarta cari hunian di kota penyangganya termasuk bekasi. Apalagi ada akses transport mumpuni

    BalasHapus
  15. Biasa penduduk Urban sangat sibuk dan jalanya juga selalu macet

    BalasHapus
  16. Bekasi memang kereeen skr ini . Lama2 bisa kayak Tangerang, dengan BSD, alsut dan karawacinya... Semua serba ada di sana. Aku jadi mikir2, apa rumahku yg di Bekasi mending ditempatin aja Yaa 😂. Selama ini yg 1 di sewain, yg 1 nya lagi baru selesai sewa dan ga diperpanjang. Tapi aku awalnya ga pengen di Bekasi Krn jauuuuuh dan macetnya itu 🤣. Cuma kalo fasilitasnya makin lengkap, jadi pengen sih tinggal sana aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwah Mbak Fanny punya rumah di Bekasi juga ternyata
      Kalau ga dipakai, disewain lagi aja Mbak, dari pada kosong tak terurus, atau ya bisa Mbak Fanny tempatin tuh.
      Terakhir ke Bekasi memang jadi beda auranya, bener-bener perkembangannya luar biasa, dibalik macetnya yang juga masih PR banget

      Hapus
  17. wah jadi kangen main ke bekasi nih pak, kenangan2 auto bermunculan pas baca ini huhuhuh dulu ke sana masih pembangunan seingetku, banyak perumahan dan gedung2 yg proses di area2 bukaan baru

    BalasHapus

Posting Komentar