Kenapa Perlu Diversifikasi Investasi Reksadana Campuran? Ini Alasannya!

17 komentar

diversivikasi investasi
Pernah mendengar apa itu reksadana campuran? Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi di Reksadana dan masih bingung memilih jenis yang mana, Reksadana jenis ini bisa jadi solusinya.

Jenis investasi ini berbeda dengan jenis investasi Reksadana lainnya. Seperti halnya reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, ataupun Reksadana pasar uang. Investasi ini cenderung menempatkan dana Anda pada beberapa instrumen investasi.

Reksadana campuran yang juga disebut sebagai balanced fund atau hybrid fund ini merupakan gabungan antara ekuitas /saham, surat utang /obligasi, serta pasar uang /deposito. 

Untuk masing-masing pengalokasiannya merupakan kombinasi ketiganya dengan tidak melebihi 79% untuk tiap jenis asetnya. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa untuk satu Reksadana ini haruslah terdapat investasi saham dan juga obligasinya. 

Adapun untuk alokasinya, misalkan obligasi tidak boleh melebihi 79% karena akan menjadi Reksadana pendapatan tetap. Untuk aset saham pun sama. Karena jika persentasenya di atas 79%, maka akan menjadi Reksadana saham. 

Kenapa Memilih Reksadana Campuran untuk Diversifikasi Investasi?

Reksadana

Sumber: freepik.com

Mengetahui penjelasan dari investasi Reksadana ini, maka ada beberapa hal yang seringkali menjadi alasan menggunakannya.

1. Risiko Lebih Terukur

Dengan menggunakan opsi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam menakar risiko investasi. Pasalnya, jenis investasi ini cukup fleksibel dengan instrumen efek yang tersebar. Hal ini memungkinkan risiko investasi Reksadana inipun juga akan tersebar.

Sehingga apabila nantinya tiba-tiba terjadi penurunan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), maka Anda tetap bisa mengharapkan keuntungan melakukan instrumen obligasi maupun pasar uang.

Sebaliknya bila kinerja instrumen obligasi yang menurun, maka Anda bisa mengharapkan kinerja instrumen saham akan memberikan keuntungan. Dengan investasi ini, Anda pun dapat menyesuaikannya dengan profil risiko.

Semisal jika Anda adalah orang yang tergolong berani dalam mengambil risiko. Dalam hal ini Anda bisa memilih produk yang menempatkan 70% dana milik Anda di instrumen saham. Sementara itu, sisanya bisa ditempatkan pada instrumen obligasi maupun pasar uang.

Lain halnya bila Anda tipikal investor yang cenderung moderat. Maka Anda dapat melakukan hal yang sebaliknya. Anda dapat menempatkan mayoritas dana investasi ke instrumen yang memiliki banyak porsi obligasi maupun pasar uang.

2. Keuntungan Didapat dari Beberapa Sumber

Sebagai investasi jenis campuran, Reksadana ini memiliki karakteristik campuran atas beberapa instrumen investasi. Inilah yang menjadikan Reksadana jenis campuran berpotensi menguntungkan.

Tentu saja hal ini karena keuntungannya berasal dari beberapa sumber sekaligus. Alokasi setiap jenis aset tidak boleh melebihi 79% Nilai Aktiva Bersih (NAB). Oleh karenanya, Anda tidak bisa memilih instrumen mana yang sekiranya dipilih dengan jumlah yang lebih besar.

Berdasarkan karakteristik ini, memilih reksadana campuran berpotensi memberikan keuntungan lebih tinggi dari Reksadana pendapatan tetap maupun Reksadana pasar uang. Akan tetapi keuntungannya cenderung lebih rendah dari jumlah Reksadana saham.

3. Pilihan Investasi Jangka Panjang

Keuntungan Reksadana campuran selanjutnya, yakni potensi keuntungan yang jumlahnya lebih tinggi dengan menjadikannya investasi jangka panjang. Setidaknya, Anda harus berinvestasi selama 3 hingga 5 tahun.

Mengingat sifat pilihan investasi ini tidak terlalu mampu menghasilkan pendapatan besar bila Anda lakukan dalam waktu cepat. Sehingga bila Anda menginginkan investasi jangka panjang, barulah Reksadana jenis campuran bisa dijadikan pilihan.

Hanya saja, untuk akumulasi keuntungan dengan potensi besar Anda harus lebih bersabar. Hasil investasi reksadana pilihan campuran ini, nantinya dapat Anda manfaatkan untuk perencanaan masa depan yang terprogram.

Misalkan saja untuk rencana pendidikan anak, biaya membeli rumah, dan berbagai kebutuhan lain yang menuntut Anda memiliki banyak pengeluaran. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba jenis investasi dengan memilih DBS Treasures.

Rekomendasi Investasi Reksadana Campuran bersama DBS Treasures

Tertarik untuk berinvestasi menggunakan Reksadana jenis campuran? Jika ya, Anda bisa membeli produk Reksadana campuran di perbankan prioritas DBS Treasures. 

Membeli Reksadana di DBS Treasures menjadi pilihan para investor untuk diversifikasi investasi ke aset pendapatan tetap, saham atau ekuitas, hingga pasar uang. Adapun keunggulan investasi Reksadana di DBS Treasures adalah sebagai berikut:

1. Pengelolaan Investasi

Dengan memilih investasi bersama DBS Treasures, memungkinkan semua pilihan investasinya dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional. Sehingga nantinya semua kinerja produk atau pengelolaan investasi akan bekerja dengan lebih optimal.

2. Mendapatkan Wawasan Investasi

Untuk memandu Anda berinvestasi, maka pihak bank akan menghadirkan tim ahli finansial yang handal, proaktif, serta siap mendukung investor agar yakin mengambil keputusan. Terutama dalam hal mempersonalisasi dan mengkomunikasikan analisa pasar hingga peluang terkini.

3. Mengurangi Risiko dengan Diversifikasi

Dengan menyebarkan dana Anda ke berbagai jenis aset investasi, maka terjadilah diversifikasi. Hal ini juga efektif dalam mengurangi risiko berinvestasi.

Dengan pilihan investasi ini, maka proses transaksi pun juga akan menjadi lebih mudah. Anda pun bisa melakukan berbagai transaksi investasi Reksadana menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

Tersedia fasilitas mulai dari proses menganalisa Reksadana didukung data Infovesta, hingga mudahnya melakukan transaksi jual, beli, serta switching. Namun tidak hanya itu saja.

Jika Anda investor baru dalam Reksadana dan belum mempunyai SID (Single Investor Identity) dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) juga bisa berinvestasi di sini.

Bersama Aplikasi digibank by DBS, kemudahan registrasi SID bisa Anda rasakan melalui satu platform online tanpa harus berganti-ganti platform.

Ada pula fitur dan keuntungan lain berinvestasi menggunakan Reksadana. Seperti meningkatkan diversifikasi investasi dan juga likuiditas harian. Dan yang terpenting, investasi di sini telah mendapat pengawasan pemerintah dan juga terdaftar di oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sehingga jelas rekomendasi investasi di sini dijamin aman dan minim risiko. Oleh karena itu, segeralah berinvestasi Reksadana campuran bersama DBS Treasures!

Related Posts

17 komentar

  1. Serasa aku kuliah moneter nih mas yonal...ternyata ini produk terbarunya DBS guna menyupport para investor pemula ya...sehingga awalannya bisa segera dibuatkan SID by online agar kinerja sahamnya bisa terpantau dengan maksimal. Makasih buat ilmunya mas yonal ^^

    BalasHapus

  2. Dulu saya penasaran ingin belajar berisvestasi yang aman. Selain beli barang seperti tanah, emas dll. Tapi sejak ramainya penipuan berkedok investasi, tapi bodong, sungguh mengerikan. Terima kasih informasinya, ananda Regen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bunda. Memang betul, cek dan ricek sebelum berinvestasi harus sangat matang ya Bun, yakinkan tempat kita berinvestasi adalah lembaga yang aman dn dapat bertanggung jawab

      Hapus
  3. Beneeeeer, investasi itu wajib diversifikasi. Selalu inget aja, jangan taro semua telur dalam 1 keranjang 😁. Kalo crash, bisa ancur semua ... Tapi kalo dipisah2, saat saham sedang turun, setidaknya obligasi atau Reksadana mungkin naik.

    Aku pribadi udah cairin reksadanaku. Krn risk profile ku sebenernya cendrung spekulative, LBH suka invest di saham langsung, bukan Reksadana saham. Resiko memang LBH gede, tapi return jelas lebih besar. Diversifikasi nya apa? Ke logam mulia , P2P lending dan kripto 😊

    BalasHapus
  4. aku memang cenderung lebih memilih reksadana karena lebih aman
    belum berani kalau invest saham langsung
    tapi dengan reksadana campuran ini semakin banyak pilihan untuk berinvestasi ya mas

    BalasHapus
  5. DBS Treasure ya Bang? Menarik nih kalau ada yang mebimbing orang awam seperti Teddy untuk mencoba investasi.

    Baru tahu juga ada Reksadana Campuran, di mana risiko akan berkurang karena tidak bergantung pada satu sisi.

    Terima Kasih Bang.

    BalasHapus
  6. Aku tuh masih serinh maju mundur mau investasi reksadana karena minim ilmu. Banyak khawatirnya jadinya. Tapi kalau pakai DBS Treasure, berarti ada orang lain yang manage reksadana kita ya, Mas? Kita tinggal terima report saja dari manajer investasi?

    Vita - mamanesia.com

    BalasHapus
  7. Herijo said:
    Dengan diversifikasi akan membuat peluang keuntungan semakin besar. Ibarat orang berjualan 1 produk dengan banyak produk pasti berbeda pendapatannya.

    BalasHapus
  8. Jadi diversifikasi itu adalah penyebaran aset investasi ya..
    Di setiap penyebaran itu bisa dimaksimalkan agar mendapatkan untung. Wiih wiih kalau bahas investasi ini, memang harus dibaca berulang kali, biar gak gagal paham

    BalasHapus
  9. bagus juga keuntungannya, terima kasih rekomendasinya mas, terdaftar OJK juga jadi mantap.

    BalasHapus
  10. Iya sih, reksadan campuran itu emang low risk dibanding saham. Tapi dunno lebih ngeh ke investasi emas daripada reksadana maupun saham

    BalasHapus
  11. Sedari awal saya pake reksadana juga udah mulai untuk reksadana campuran, sehingga kalau ada salah satu yang anjlok ya saya masih bisa ambil untung dari yang lainnya.

    BalasHapus
  12. Ternyata manfaatnya lebih banyak dan lebih aman yaa. Tipsnya brrmanfaat sekali. Terimakasih mas yonal untuk tipsnya

    BalasHapus
  13. investasi reksadana campuran, dunia investasi yang perlu dipelajari lagi kalau untuk saya, ok infonya Mba, bisa buat dibaca-baca sebagai bahan referensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh maaf, Mas Yonal maksudnya, ehe, saya salah manggil

      Hapus
  14. thanks banget..ternyat ada yang campuran ya, jadi menimbang-nimbang untu berinvestasi

    BalasHapus

Posting Komentar