a journey

Cara Perpanjangan TLD di Rumahweb

10 komentar
domain

Tak terasa sudah satu tahun blog ini menggunakan top level domain atau TLD. Beberapa hari yang lalu dapat kiriman surat elektronik dari Rumahweb, tempat dulu membeli domain ini, mengingatkan bahwa November ini tepat satu tahun dan auto harus diperpanjang jika ingin masih menggunakan nama www.yonalregen.com.

Memakai TLD dalam blog seperti halnya mempertegas eksistensi domain. Saya sendiri memilih .com untuk blog ini, sedangkan untuk blog baru baityofa menggunakan .my.id. Perbedaannya salah satunya di harga, .com berada di kisaran 150.000 rupiah, sedangkan .my.id di kisaran 15.000 rupiah.

Awal-awal sempat terpikirkan bagaimana cara perpanjangan top level domain ini, karena ini pertama kalinya domain renewal. Apakah seribet seperti pertama kali dulu membelinya yang harus pasang ini pasang itu, atau prosedur perpanjangan berbeda dengan waktu membeli awal?. Ternyata proses perpanjangan mudah sekali prosesnya, no ribet-ribet.

Tahapan-tahapan Dalam Perpanjangan Top Level Domain

Dapat Surat Elektronik Dari Penyedia TLD

Email pertama yang didapatkan adalah pemberitahuan tentang akan berakhirnya masa satu tahun penggunaan Top Level Domain kita. Biasanya pemberitahuan berjarak satu bulan sebelum masa expire. Selanjutnya 14 hari sebelum masa habis, kita dikirim kembali surel yang isinya adalah penerbitan invoice untuk pembayaran TLD selanjutnya.

Invoice sendiri adalah dokumen yang memuat rincian transaksi dan pembayaran dari penjual, dalam hal Rumahweb kepada kita sebagai pembeli TLD-nya.

Top Level Domain

Baca Dengan Seksama Cara Perpanjangannya

Di surat elektronik yang kita terima akan dijabarkan dengan jelas bagaimana cara kita memperpanjang top level domain. Baca dengan seksama, perlahan, carefully. Apalagi untuk para newbie seperti saya. takutnya nanti salah dalam langkah-langkah pembayaran selanjutnya.

Jika dibaca secara cermat langkah-langkah yang harus diikuti, ternyata prosesnya sangat mudah dan lumayan cepat pula.

Pilih Metode atau Cara Pembayaran

Untuk pembayaran perpanjangan TLD, ada banyak cara yang ditawarkan. Mulai dari transfer via ATM, pembayaran via Alfamart atau Indomart, menggunakan kartu kredit, bahkan bisa memakai paypal. Untuk pembayaran TLD ini, saya memilih menggunakan pembayaran transfer via ATM seperti waktu awal membeli.

Setelah dana dibayarkan, pihak Rumahweb akan mengkonfirmasi via email bahwa mereka telah menerima dana untuk pembayaran perpanjangan TLD.

TLD

Konfirmasi Telah Melakukan Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa konfirmasi bahwa kita telah melakukan pembayaran. Untuk konfirmasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari mengirim pesan via WA ke customer service, ataupun di situs Rumahweb sendiri di menu clientzone-nya.

TLD Kembali Aktif Untuk Satu Tahun ke Depan

Setelah selesai melakukan konfirmasi pembayaran, tak lama kemudian kita akan mendapatkan pemberitahuan via email bahwa TLD kita sudah diperpanjang untuk jangka satu tahun ke depan dan diberi tahu pula tanggal dan bulan masa habisnya TLD di tahun yang akan datang.

renewal domain

Untuk teman-teman yang baru melakukan perpanjangan domain, jangan kaget juga kalau harga perpanjangan lebih mahal sedikit dibandingkan waktu membeli awal. Apalagi kebetulan tahun lalu saya membelinya waktu ada promo, sehingga perbedaan harganya lumayan jauh dengan pembayaran untuk perpanjangan.

Eh, ada cerita selepas membeli domain pertama kalinya tahun lalu. Setelah beberapa hari mempunyai blog dengan ujung .com, tetiba ada yang menghubungi untuk meminta dibuatkan tulisan tentang pendidikan, kebetulan niche dominan di blog ini memang pendidikan karena berhubungan langsung dengan dunia sehari-hari saya sebagai pengajar. 

Yang lumayan membuat bingung adalah ketika ditanya:

Berapa ratecard anda?. 

Ya ampun, gimana ini.... 

Akhirnya saya bilang, terserah bapak saja wkwkwk. Tapi Alhamdulillah, harga yang diberikan lebih besar dari harga TLD yang sudah dibeli. So, serasa impas and even more.

Related Posts

10 komentar

  1. guna domain yang berakhir dengan Com lebih awesome mas

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya, Pak. Saya bahkan masih pakai blogspot. Masih mempelajari istilah-istilah di blog hehe.

    BalasHapus
  3. berharap perpanjangan TLD lebih murah, pupus sudah. Itu sayaaa. hahaha. dot com memang ada aura apaa gitu yaaa...kayaknya lebih gampang diinget dan jamak orang menggunakan kali ya...

    BalasHapus
  4. Wah..sudah mengulang tahun ya! Selamat mas Yonal, semoga tulisan-tulisannya selalu istiqomah menebarkan manfaat. Jaya, jaya, jaya!

    Btw, kayaknya ulang tahun blog kita agak mirip-mirip nih, kayaknya ada momen di November tahun kemarin ya.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillahi banget ya Pak Yo begitu pakai TLD langsung dilirik. Wow! Pak Yo emang menginspirasi bangetlah.. Terus ngeblog ya Pak Guru!

    BalasHapus
  6. Aduh jadi inget kan dia bulanan lagi perpanjangan domain wkwk

    BalasHapus
  7. Hehhehe baca nya pas bgt sama tagihan.

    BalasHapus
  8. Saya juga pakai rumah web hehe

    BalasHapus
  9. Wah, kalau sudah tahu begini, bisa mempersiapkan budgetnya buat perpanjangan nanti. makasih infonya, Pak

    BalasHapus

Posting Komentar