a journey

Review Buku | Adab Kepada Orang Tua

4 komentar
review buku


فَكَذَلِكَ الْوَلَدُ, الَّذِي لَمْ يَتَأَدَّبْ مِنْ صِغَرِهِ, لَا يُمْكِنُ تَأْدِيْبُهُ فِي كِبَرِهِ.


Maka, seperti itulah seorang anak yang tidak mempunyai adab sejak kecil. Tidak mungkin ia beradab saat dewasa.

Kata-kata hikmah dalam Bahasa Arab di atas menunjukan betapa pentingnya setiap orang untuk mengajarkan adab kepada setiap anak-anaknya. Jika tidak, maka orang tua akan merasakan konsekuensi mempunyai anak yang tumbuh tanpa adab dan tata krama yang baik.

Orang tua sebagai sekolah utama bagi anak-anaknya berkewajiban untuk memberikan pengetahuan yang mumpuni  kepada setiap anaknya. Salah satu hal yang harus diajarkan kepada setiap anak adalah  tentang adab atau tata krama yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Buku seri adab sehari-hari dari Gema Insani Press yang berjudul Adab Kepada Orang tua bisa menjadi salah satu referensi para orang tua dalam hal mengajarkan adab tersebut.

Mengajarkan Adab Melalui Cerita

Mengajarkan adab kepada anak harus pula disertai dengan suri teladan dari orang tuanya, anak harus pula dijaga hak-haknya. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Anas bin Malik

Hormatilah anak-anak kalian dan perbaikilah adab-adab mereka.

Buku Adab Kepada Orang Tua dikemas dalam bentuk cerita dengan tokoh sentral seorang anak yang bernama Abi. Abi awalnya selalu memaksakan kehendak dan merengek dengan segala keinginannya, namun ketika ia melihat teman sepermainannya Odi yang sangat sabar dan tak pernah memaksakan kehendak kepada orang tua, Abi menjadi sadar dan berjanji untuk menjaga perasaan orang tuanya setiap ia berbicara dengan mereka.

Buku yang ditulis oleh Oky E. Nursari ini sangat cocok untuk usia lima tahun ke atas. Cerita yang menarik dan dikemas dengan gambar ilustrasi yang colourfull, pastinya akan menarik perhatian setiap anak untuk diajak mendengarkan dan memperhatikan cerita dalam buku ini.

Di akhir buku, penulis melengkapi cerita ini dengan simpulan tentang hal-hal baik yang dapat diraih ketika menghormati sosok orang tua dan juga bagaimana contoh-contoh adab yang baik kepada orang tua. Simpulan ini akan memudahkan orang tua yang membacakan buku ini untuk anaknya untuk memberikan arahan kepada anak tentang inti dari buku ini.

Adab kepada Orang tua

Sebagai pamungkas, buku ini juga ditutup oleh doa untuk kedua orang tua. Ayah bunda bisa sekalian mengajarkan doa tersebut kepada ananda tercinta.

Identitas Buku

Judul: Adab Kepada Orang Tua
Penulis: Oky E. Noorsari
Penyunting: Ratih Cahaya
Dimensi: 21 x 20 cm, 24 halaman
Penerbit: Gema Insani Press (GIP)
ISBN: 978-602-250-608-9
Cetakan ketiga: Februari 2020


Related Posts

4 komentar


  1. Zaman sekarang buku seperti ini perlu dibaca oleh anak-anak. Sebab, menanam ikhlak/adab itu harus dimulai dari kecil. Selamat pagi, ananda Regen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat sekali bun. Mudah-mudahan akhlak generasi kita dan selanjutnya tetap terjaga dengan baik

      Hapus
  2. Assalamualaikum
    Pak ijin bertanya, ada sebuah keterangan yang mengatakan bahwa 'Begitu pentingnya akhlak dan adab hingga Allah Ta'ala menempatkanya sebagai hal yang paling utama. Sebab, kepintaran tidak ada artinya apabila seseorang tidak memiliki adab.
    Lantas apakah adab perlu di pelajari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.
      Menurut saya adab sangat harus diajarkan, baik oleh orang tua maupun guru. Sebelum mengajarkan ilmu pengetahuan apapun, adab sebaiknya menjadi prioritas utama untuk dikenalkan pada anak.
      Dalam Islam, kita mengenal beberapa kitab seperti talim mutaalim, akhlakul banin, dan akhlakul banat yang mengajarkan tentang akhlak dan adab, yang menjadi indikasi bahwa agama kita sangat mengutamakan adab
      wallahu a'lam

      Hapus

Posting Komentar