a journey

Bederma Untuk Masa Depan Anak-anak Bangsa

13 komentar
situs sumbangan on line

Sebagai warga negara Indonesia kita patut berbangga, karena pada tahun 2018, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan oleh lembaga amal Inggris, Charities Aid Foundation (CAF) dalam laporan World Living Index 2018, dengan indikator mau menolong atau membantu orang tak dikenal, memberi sumbangan, dan kesediaan menjadi relawan dalam rangka membantu sesama. Dalam hasil survei tersebut, Indonesia berada di atas negara-negara yang juga dikenal dengan kedermawanannya seperti Australia dan Selandia Baru.

Dalam hal memberi sumbangan atau donasi, Indonesia dalam survei tersebut mempunyai skor yang paling tinggi, yaitu 78. Hal tersebut menguatkan betapa kita memang negara yang mempunyai kepedulian terhadap sesama yang baik, di tambah kemudahan-kemudahan dalam berdonasi di era modern seperti ini yang sangat di tunjang oleh kemajuan teknologi, seperti hadirnya lembaga-lembaga yang concern dalam bidang kemanusiaan yang siap menjadi wadah perantara antara para donatur dan penerima manfaat. 

Lembaga-lembaga kemanusiaan yang hadir di tengah masyarakat, banyak yang sudah dibekali dengan fleksibilitas yang luar biasa dalam pergerakannya. Seperti kemudahan dalam menerima bantuan dari para donatur, di mana para donatur bisa dengan mudah memilih beragam cara untuk memberikan bantuannya, baik secara langsung, maupun melalui situs sumbangan on line yang disediakan oleh para lembaga kemanusiaan. 

Bederma Untuk Sesama

Kita pasti setuju bahwa salah satu jalan kebahagiaan dalam hidup ini adalah dengan jalan memberi secercah kebahagiaan juga untuk orang lain. Filosofi dari Elizabeth Duun dalam risetnya ini sepertinya banyak dipegang teguh oleh masyarakat kita, sehingga dalam hal memberi derma, masyarakat Indonesia tidak merasa aneh, bahkan dengan sukarela membantu sesama yang sedang dalam kesulitan.

Selain memberikan kebahagiaan kepada pemberi maupun penerima, manfaat lain dari berderma atau  memberikan sumbangan antara lain:

  • Rasa peduli kepada sesama manusia yang semakin terus terasah. Kepedulian yang kita berikan bisa berupa materi maupun non-materi, sesuai dengan kebutuhan orang yang memerlukan. Dengan peduli terhadap  orang lain, juga akan mengasah empati kita untuk meringankan beban sesama manusia.
  • Tidak memikirkan masalah duniawi semata dengan memberdayakan harta benda yang kita miliki di jalan yang baik dengan mendonasikannya sebagian. Hal tersebut sangat baik, agar kita terbebas dari sifat materialisme  atau gila harta. 

Kiprah UNICEF Dalam Memfasilitasi Donasi

UNICEF yang mempunyai kepanjangan United Nations Children's Fund, adalah salah satu lembaga PBB yang berkonsentrasi dalam hal membantu anak-anak dan ibunya di negara-negara berkembang. Lembaga UNICEF hadir di lebih 190 negara, termasuk Indonesia. 

Kiprah UNICEF Indonesia dalam membantu anak-anak di bumi pertiwi sudah tidak diragukan lagi. Kita bisa ikut serta mengambil andil di dalamnya dengan menjadi relawan atau donatur untuk setiap kegiatan UNICEF yang diperuntukkan bagi anak-anak Indonesia. 

Ingin membantu tetapi mempunyai kesibukan yang luar biasa?. Don't worry!. Menjadi donatur di Unicef bisa sangat fleksibel, karena kita bisa berdonasi melalui situs sumbangan on line yang dikelola khusus oleh Unicef Indonesia di www.supportunicefindonesia.org.

Cara untuk bertransaksi di www.supportunicefindonesia.org sangat mudah, yaitu:

  1. Masuk ke situs www.supportunicefindonesia.org, bisa dengan menggunakan gawai atau personal komputer (PC).
  2. Jangan lupa Isi data diri terlebih dahulu seperti nama, nomor telepon dan surel. Pastikan data nomor telepon dan email masih aktif dan selalu dipakai.
  3. Setelah mengisi data, selanjutnya isi nominal uang donasi yang akan ditransferkan.
  4. Terakhir, klik ‘donasi sekarang’ dan tunggu halaman konfirmasi keluar.

Ketika berdonasi melalui Unicef, kita bisa memilih untuk menjadi donatur Donasi Rutin atau Donasi Satu Kali. Apa bedanya antara donasi rutin dengan donasi satu kali?. 

Donasi Rutin

  • Membuat komitmen bulanan untuk membantu anak-anak Indonesia.
  • Memberikan dukungan berkelanjutan untuk tumbuh kembang anak-anak, khususnya pada masa kritis.
  • Membantu UNICEF dalam membuat perencanaan ke depan.
  • Donasi akan diprioritaskan kepada anak-anak yang membutuhkan setiap bulannya.

Donasi Satu Kali

  • Menyediakan bantuan langsung satu kali yang sangat dibutuhkan.
  • Memberikan dukungan dengan pilihan kita sendiri di wilayah kerja UNICEF.
  • Memberikan satu kali sumbangan yang sangat dibutuhkan.

Yang unik dalam memberikan donasi melalui Unicef, selain menggunakan rupiah, kita juga bisa menggunakan Dolar Amerika untuk berdonasi melalui Standar Chartered Bank. Sedang untuk rupiah, tersedia juga beberapa rekening bank nasional yang bisa kita gunakan untuk mentransfer donasi seperti BNI, Mandiri, dan juga BCA.

Dalam jangka dekat, tepatnya mulai 11 Juni sampai 10 Juli 2021, Unicef akan hadir di BTS Army Event di Plaza Indonesia, Jakarta. Jadi untuk para penggemar beratnya BTS, bisa banget menghadiri acara tersebut sambil berdonasi melalui UNICEF.

Yuk berdonasi untuk anak bangsa yang membutuhkan uluran tangan kita. Berapa pun nominal donasi yang kita berikan dengan ikhlas, akan ada senyum optimis yang mengembang dari anak-anak Indonesia yang sedang menapaki masa depannya.


Terbaru Lebih lama

Related Posts

13 komentar

  1. UNICEF keren banget marketingnya. Sampai ada Army dan BTS nya juga. Semoga donasinya terkumpul melewati target. Secara fans BTS di Indonesia banyak banget. Kudu info ponakan ini, sih.

    BalasHapus
  2. Wah, acaranya mulai hari ini, ya? Sayang banget cuma di Jakarta. Sebagai Army, aku sangat mendukung program ini. Semoga kita bisa ikut berpartisipasi meski hanya dengan berdonasi. Terima kasih infonya, Pak Yonal.

    BalasHapus
  3. Donasi melalui UNICEF mungkin belum banyak dikenal ya. Tapi kalau melalui masjid atau lembaga-lembaga lokal orang Indonesia pasti sudah familiar.

    BalasHapus
  4. Baca ini jadi ingatupin ipin kan pernah bahas juga soal bederma. 1 sen juga bisa banyak setiap orang bederma dan akhirnya bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. Wah ini bawa ARMY hihi, meski aku bukan penggemarnya. Tapi melihat cara UNICEF untuk menggaet anak muda bederma bagus banget. Ngefansnya jadi hal positif nih.

    BalasHapus
  6. Ada survei kedermawanan suatu negara juga ya.. penasaran deh nomor satunya negara mana tuh

    BalasHapus
  7. Berderma jadi terlihat menarik nih lewat Unicef, mana melibatkan ARMY pula. Keren juga konsepnya, jadi anak-anak muda yang sering dilihat sisi hura-huranya, bisa diingatkan untuk berderma juga.

    Tapi emang orang Indonesia dari dulu terkenal dengan kebaikan hatinya, cepet mellow dan empatinya tinggi. Cuma ya kadang suka usil ngurusin hidup orang lain, meski maksudnya baik sih, hanya kadang caranya kurang tepat hehe.

    BalasHapus
  8. Dulu aku juga sempat donasi untuk UNICEF karena dapat info dari internet. Aku tertarik dengan misinya untuk membantu anak-anak. Bahagia rasanya pas dapat laporan penggunaan dana donasinya

    BalasHapus
  9. Dulu pernah ditawarin donasi lewat UNICEF pas ada acara mereka di Mall. Ada relawannya gitu... Sama nggak ya dengan yang online gini.

    BalasHapus
  10. Gak paham bagian BTS dan Army meski sering seliweran belakangan ini.
    Tapi seneng banget pas tahu Indonesia adalah negara yang dermawan. Alhamdulillah

    BalasHapus
  11. Akupun ga begitu mengikuti deh pak BTS Army ini ... Hehheh

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email