Janganlah Tamak

14 komentar

salah satu penyakit hati yang harus dihindari: tamak

Beberapa waktu yang lalu, tersebar viral di media sosial, potret seorang nenek yang kebingungan tak tahu apa yang harus dibelinya, di depan rak makanan sebuah supermarket. Rak itu kosong, tanpa menyisakan apa-apa, karena telah diborong oleh segelintir orang yang terkena efek panic buying dengan alasan persediaan bahan makanan di tengah karantina akibat wabah korona.

Tamak Adalah Dosa Besar

Sikap seperti itu disebut serakah atau tamak dalam bahasa Arab, dan ini adalah salah satu penyakit hati serta termasuk dosa besar. 

Indikasi Tamak

Selain gambaran di atas, ciri-ciri lain dari tamak bisa di indikasikan dengan: 
  • Tidak mensyukuri nikmat yang telah diberi 
  • Selalu merasa kurang padahal ia telah banyak mendapat nikmat 
  • Ingin memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain 
  • Panjang angan-angan 
  • Kikir, tidak mau hartanya berkurang 
  • Kurang menghargai pemberian orang lain 
  • Terlalu mencintai harta yang dimiliki 
  • Terlalu bersemangat mencari harta tanpa mempedulikan waktu dan kondisi tubuh. 
  • Semua perbuatannya selalu bertendensi pada materi 

Cara Menghindari Tamak

Dari semua indikasi ciri-ciri tamak di atas, jelas tamak menjadi sangat berbahaya karena akan membuat orang menjadi selalu merasa kurang dan tidak pandai bersyukur, sehingga sifat tamak ini jelas harus dihindari. 

Beberapa alternatif cara menghindari sifat tamak antara lain: 
  •  Mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan 
  •  Membiasakan diri dengan sifat ikhlas dan rendah diri 
  •  Membiasakan diri dengan sifat pemurah dan jujur 
  •  Membiasakan hidup sederhana, hemat, qona’ah dan zuhud 
  •  Meminta pertolongan Allah agar terhindar dari sifat serakah 
  •  Menghindari sifat iri jika melihat orang lain banyak harta 
  •  Sadar bahwa materi hanya hiasan dan perantara menuju akhirat 

 

Allah mengingatkan kita dalam surat Al-hadid ayat dua puluh, bahwa hidup ini hanyalah ujian, jika kita terlena dengan kesenangan materi duniawi, maka tiada lain itu hanyalah tipuan belaka.
Yonal Regen
Ayah dari qurrota a'yun; mufid, fariha, syafiq. Pengajar di Raudlotul Ulum serta volunter di filantrofi Rumah Ziswah

Related Posts

14 komentar

  1. Gampang iri melihat kebahagiaan orang lain
    Orang yang tamak biasanya tidak bisa suka melihat orang lain bahagia. Apalagi kalau urusan harta. Mereka gampang merasa iri dan dengki, hingga kebencian bisa menyerangnya dengan mudah.

    BalasHapus
  2. Ada beberapa bahaya dari penyakit tamak selain dari tidak pandai nya bersyukur Juga selalu merasa kurang dengan hal apapun juga dapat menimbulkan permusuhan vc dengan sesama teman , sahabat ketika sahabat itu mempunyai kelebihan yang lebih dari kita baik dari harta maupun hal lain nya juga dapat menimbulkan perbuatan keji ,curang, contohnya misalkan ketika kita atau pun seseorang telah terkena penyakit tamak maka akan menimbulkan hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik serta dapat menjauhkan diri dari ketaatan nya Kepada Allah SWT. Juga, dapat menjadi kan seseorang menjadi orang yang sangat rakus yang dapat membuat nafsu nya itu tidak dibisa dikendalikan 😔

    BalasHapus
  3. Bahaya memiliki sifat tamak yaitu akan mempunyai rasa tidak tenang,kenapa?karna akan selalu merasa takut akan kehilangan hartanya,takut akan hartanya dicuri,takut ditipu,takut di minta dll,terima kasih:)

    BalasHapus
  4. Diantara bahaya memiliki sifat tamak diantaranya dapat menimbulkan penyakit hati diantaranya hasud apabila ada orang yang memiliki nikmat atau sesuatu yang kita tidak punya pasti akan timbul kita ingin memiliki nikmat seperti yang orang itu punya dan juga dengki apa bila ada orang yang hartanya lebih dari kita pasti akan timbul rasa kesal marah dan lain sebagainya dan juga tidak tenangnya hati sifat tamak juga dapat menimbulkan susahnya kita bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.....
    @Siti saadah

    BalasHapus
  5. Bahayanya Penyakit Tamak Itu Adalah iri Hati, Dan Selalu Prasangka Buruk Pada Orang Lain (Su'udzon). Orang Yang Tamak Selalu prasangka Kepada Orang Lain. Itu Jelek dan Selalu Iri Bila Orang Lain Mendapatkan Nikmat/Rezeki Dari Allah Swt
    #DiRumahAja😊

    BalasHapus
  6. Orang yang tamak akan menjadi orang yang ambisius yang tidak akan pernah puas dan bersyukur dengan apa yang ada dan menjadi orang yang egois hanya mementingkan bagaimana memenuhi keinginannya tanpa memperdulikan orang lain terkadang orang yang tamak akan melakukan apa saja yang ingin dilakukan nya seperti memuja muja harta karna harta menjadi tujuan utama hidup nya.

    BalasHapus
  7. Tamak adalah penyakit hati yang sanagat membahayakan manusia,selain selalu merasa kurang dan tidak pandai bersyukur penyakit hati ini juga bisa membuat seseorang melalukan segala cara yang diharamkan demi mendapat harta yang di inginkan seperti suap, riba, korupsi,bisa pula nekat melakukan ritual-ritual syirik, dan masih banyak lagi. Hal ini di sebabkan karena dunia lebih di cintai dari segalanya termasuk akhirat.

    BalasHapus
  8. Bismillahirrahmanirrahim,,,Orang yang tamak akan menjadi orang yang egois, hanya mementingkan bagaimana membuat keinginannya terpenuhi tanpa memperdulikan orang lain. Dan egois juga akan membuat arah tujuan hidup menjadi tidak jelas. Tanpa di sadari keegoisan yang mementingkan diri sendiri akan menjadikan orang yan sulit di bimbing, sehingga akan sering mengalami kegagalan. Dan efek negatif lain nya, keegoisan akan membuat kita menjadi pemberontak sehingga tidak ada yang mau berteman dengan kita.

    BalasHapus
  9. Bismillahirrahmanirrahim,,,Orang yang tamak akan menjadi orang yang egois, hanya mementingkan bagaimana membuat keinginannya terpenuhi tanpa memperdulikan orang lain. Dan egois juga akan membuat arah tujuan hidup menjadi tidak jelas. Tanpa di sadari keegoisan yang mementingkan diri sendiri akan menjadikan orang yan sulit di bimbing, sehingga akan sering mengalami kegagalan. Dan efek negatif lain nya, keegoisan akan membuat kita menjadi pemberontak sehingga tidak ada yang mau berteman dengan kita.

    BalasHapus
  10. Selain dari kurang bersyukur,bahaya dari sikap tamak ialah bisa menjadi pintu masuknya setan. Bila masuk dalam hati orang yang serakah, setan akan menghiasinya dengan sifat-sifat tercela lainnya. Dan orang yang serakah itu selalu menganggap baik apa yang dilakukannya, meski kebanyakan orang melihatnya

    BalasHapus
  11. Orang yang tamak akan mudah dapat penyakit hati seperti dengki,hasud,dendam dan fitnah.selain itu bisa menyebabkan kekhawatiran sebab takut hartanya akan habis

    BalasHapus
  12. Selain tidak bersyukur sifat tamak juga bisa membuat seseorang memikirkan dirinya sendiri (egois)karna yang ia pikirkan bagaimana memiliki banyak harta dan tidak berkurang akhirnya ia akan melakukan berbagai cara apapun caranya supaya ia mempunyai banyak harta dengan jalan yang haram sekalipun dantidak memikirkan keadaan orang lain. Yang di di kejarnya hanya dunia yang menyebabkan lupa dengan akhirat

    BalasHapus
  13. pengertian tamak sendiri adalah cinta kepada dunia (hubbud dunya) berupa harta benda terlalu berlebihan tanpa memperdulikan hukum haram yang menyebabkan adanya dosa besar,pelakunya tidak pernah merasa puas,segala cara dianggap halal.
    orang yang memiliki sifat tamak adalah bukti orang tersebut terlalu cinta dunia atau harta.padahal harta hanyalah merupakan fitnah atau cobaan.

    BalasHapus
  14. Bahaya dari sifat tamak ya itu tidak pernah merasa cukup atas yang dia punya dihilangkan kemuliaan-nya tidak akan tenang hidupnya dan akan menjadi orang hina karena orang yang tamak Selalu berharap kepada makhluk atau kepada orang lain tidak berharap kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.. orang tamak tidak pernah bersyukur atas apa yang dimilikinya karena arti tamak itu adalah cinta terhadap dunia.

    BalasHapus

Posting Komentar