Efek Crash Landing On You

2 komentar

Bagi pecinta drama seri Korea, Crash Landing on You tentulah menjadi salah satu drama wajib yang tidak boleh terlewati di tahun ini. Drama Romansa yang di bintangi oleh Hyun Bin dan Son Ye-Jin ini memang menyedot perhatian, tidak saja kaun hawa, tetapi juga sebagian kaum adam.
Yang paling Kentara,drama ini secara gamblang menggambarkan perbedaan dua korea yang terpisah, utara dan selatan.
Korea selatan yang lebih banyak dikenal oleh masyarakat dunia karena kemajuannya di bidang teknologi -terutama dalam produksi gawai-, industri musik yang di dominasi boy band nya yang tak pernah surut, juga tentunya drama seriesnya yang mendunia membuat selatan memang jauh lebih bergema dibandingkan dengan saudaranya di utara.
Kemudian, apa yang kita ketahui tentang Korea Utara? Selain Kim Jong Un sebagai presiden korea utara, sepertinya sulit, karena memang Utara yang menutup diri, membuat masyrakat dunia kurang mendapatkan informasi apapun.
Gambaran perbedaan dua korea di crash landing on you membuat geram pihat utara tentunya, karena dengan jelas di setiap scene nya, utara digambarkan begitu miskin, jauh dari perkembangan wilayah selatan. Yang paling menohok para penikmat drama ini adalah gambaran tidak adanya internet di wilayah utara, sehingga masyarakatnya tidak dapat mengakses informasi dan perkembangan apapun di seluruh dunia.
Dari deskripsi drama ini, banyak masyarakat tergelitik, mencari jawaban kepenasaran, apakah memang sebegitu jomlang nya perbedaan antara kedua korea ini. Mesin pencarian  menjadi sumber informasi, trafic nya banyak di dominasi oleh keyword korea, para you tuber pun mengumpulkan pundi-pundi adsence dengan me-review  tentang korea selatan dan utara, dan informasi yang didapat memang tidak jauh dari setiap tayangan di crash landing on you ini.
Begitu dahsyatnya efek yang terjadi dari sebuah drama series yang di garap begitu apik, sehingga para penikmat drama tidak hanya terhanyut romansa dari para pemerannya semata, tetapi fakta dasar latar belakang di drama ini meng edukasi masyarakat, membuka mata dunia, bahwa dua saudara korea sangatlah berbeda.

Yonal Regen
Ayah dari qurrota a'yun; mufid, fariha, syafiq. Pengajar di Raudlotul Ulum serta volunter di filantrofi Rumah Ziswah

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar