Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Merugi

29 komentar

tips membeli mobil bekas


Tingginya aktivitas masyarakat saat ini berbanding lurus dengan kebutuhan kendaraan untuk mendukungnya. Dengan memiliki kendaraan, kita dapat lebih bebas dalam mobilitas sesuai dengan kegiatan masing-masing.


Memiliki kendaraan seperti mobil pastinya menjadi impian banyak orang, baik mobil baru maupun mobil bekas. Yang terpenting dapat digunakan dengan baik untuk menunjang aktivitas kita.


Untuk teman-teman yang berniat membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang layak dipertimbangkan agar mobil yang kita beli masih dalam kondisi layak dan kita tidak merugi dengan sejumlah uang yang kita keluarkan untuk membelinya.


6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas itu gampang-gampang susah, kalau tidak teliti, bisa jadi kita merugi. Tapi dengan pemikiran secara matang dan informasi yang lengkap, membeli mobil bekas menjadi tak masalah sama sekali.


teliti sebelum membeli mobil bekas

Berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas agar tak merugi.


Tentukan Jenis Mobil Yang Diinginkan

Sebelum memutuskan membeli mobil bekas, pikirkan matang-matang jenis mobil yang ingin dimiliki. Apakah jenis mobil yang akan dipakai oleh sendiri, atau mobil untuk kebutuhan keluarga.


Pikirkan juga brand mobil yang akan dibeli dan juga spesifikasi jenis mobilnya. Setiap produsen mobil mempunyai kelebihan masing-masing dan mungkin beberapa dari kita menyukai merk tertentu, tapi jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan kita dengan mobil tersebut.


Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan

Setelah memikirkan jenis mobil yang kita inginkan, pikirkan juga kondisi keuangan yang kita siapkan untuk membeli mobil. Pastikan tabungan yang kita miliki cukup dengan kisaran harga pasaran mobil bekas yang kita idam-idamkan.


Idealnya, sebelum memutuskan membeli mobil bekas, carilah informasi tentang harga-harga mobil. Syukur-syukur uang yang kita siapkan cukup untuk membelinya, kalaupun tidak, alternatifnya kita bisa membeli jenis mobil lain yang lebih terjangkau atau kembali menabung untuk menambah uang agar sesuai dengan harga mobil yang kita inginkan, atau juga membelinya dengan sistem kredit jika orang atau perusahaan yang menjualnya bersedia dan atau menyediakan sistem tersebut.


Periksa Kelengkapan Surat-surat Kendaraan

Yang tak kalah pentingnya dari rencana membeli mobil bekas adalah memeriksa kelengkapan surat-suratnya. STNK dan BPKB adalah dua hal utama yang harus ada pada kendaraan, surat-surat lain pendukungnya juga layak dipertimbangkan seperti surat keterangan pembelian mobil sebelumnya.


Jangan tergoda dengan mobil bekas berharga miring namun tak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan. Hal ini bisa menyulitkan kita kedepannya seperti dalam mengurus perpindahan nama kepemilikan, atau yang lebih parah, kita bisa dituduh menjadi penadah mobil curian. 


Test Drive

Test drive sangat penting untuk dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Jika membeli mobil baru saja test drive biasa dilakukan, apalagi membeli mobil bekas.


Dengan test drive kita bisa merasakan sendiri kenyamanan dan keamanan mengendarai mobil yang akan kita miliki. Jika kita tidak terlalu paham dengan kondisi mobil, bawa teman atau orang yang mengerti dunia otomotif yang bisa kita mintai referensinya ketika selesai test drive.


Bergaransi

Membeli mobil bekas yang memiliki garansi akan sangat menguntungkan bagi kita. Apabila ada hal-hal kendala dalam mobil setelah pembelian, kita tidak akan ragu untuk menghubungi kembali penjual dan meminta penyelesaian kendala yang dimiliki.


Apabila penjual memberikan garansi, berarti ia telah menunaikan hak-hak pembeli dan kita pun sebagai customer dapat lebih mempercayai orang atau perusahaan dengan sistem garansi yang ditawarkannya.


Cari Informasi Seluas-luasnya di Internet

Saat ini internet sudah sangat melekat dalam kehidupan kita dalam segala hal. Pun dalam informasi tentang jual beli mobil, pastilah banyak informasi yang dapat kita gali sebagai pengetahuan sebelum akhirnya memutuskan membeli mobil.


Diantara sekian banyaknya informasi tentang jual beli mobil, di internet saat ini juga banyak informasi dan referensi 

tentang website perusahaan jual beli mobil. Keberadaan perusahaan jual beli mobil ini akan sangat memudahkan kita dalam rencana membeli mobil, karena biasanya sistemnya lebih terstruktur.


Caroline.id adalah salah satu perusahaan jual beli mobil yang bisa kita jadikan referensi dalam membeli mobil. Perusahaan ini mempunyai kelebihan seperti poin-poin yang sudah disebutkan di atas, mulai dari memberikan kesempatan test drive sampai garansi mesin 1 tahun.


Caroline.id, Tempat Membeli Mobil Bekas Berkualitas dan Terpercaya

Caroline.id adalah perusahaan yang bergerak dalam jual beli mobil baru maupun bekas. Eksistensi Caroline tidak diragukan lagi karena berada di bawah naungan PT Autopedia Sukses Lestari Tbk.(ASLC) dan sejak awal 2022  juga sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Selain memberikan jaminan dengan hal-hal seperti poin-poin yang sudah dibahas di atas, proses pembelian mobil bekas di Caroline.id juga memiliki kelebihan-kelebihan lainnya seperti:


  1. Merek mobil yang disediakan Caroline.id sangat beragam dari brand-brand ternama seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, Mazda, Nissan, Chevrolet, sampai Mitsubishi, semuanya ada.

  2. Sebelum proses jual beli, akan ada pengecekan mobil atau inspeksi selama 30 menit untuk memastikan bahwa mobil yang akan kita beli dalam kondisi baik.

  3. Jenis pembayaran yang beragam baik pembayaran tunai maupun kredit siap diterima oleh pihak Caroline.id. Untuk proses pembelian secara kredit, pihak Caroline akan membantu pengajuannya kepada pihak atau lembaga pembiayaan rekanan.

  4. Pengambilan mobil yang fleksibel setelah setelah akad jual beli, bisa diambil di showroom Caroline ataupun minta diantarkan ke rumah kita. 

  5. Garansi proses jual beli selama 5 hari atau biasa kita sebut buyback warranty  jika customer merasa mobil yang dibeli kondisinya tidak sesuai dengan yang dijanjikan.


Caroline.id

Sumber: https://www.caroline.id/


Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan Caroline, pastinya akan menjadikan Caroline menjadi referensi terbaik dalam hal membeli mobil bekas. Kalau sudah merasa paham dan cocok banget dengan sistem pembelian mobil bekas dari Caroline, teman-teman sudah cocok nih disebut Sobat Caroline.


Untuk informasi lebih lengkap dan terbaru tentang Caroline, Sobat Caroline bisa mengunjungi website Caroline di caroline.id ataupun media sosialnya di:


  • https://www.instagram.com/caroline.id/

  • https://facebook.com/pg/Carolineid.Official

  • https://www.tiktok.com/@caroline.idn


Untuk Sobat Caroline yang sedang menabung untuk persiapan membeli mobil, yuk kencangkan lagi sabuknya agar impiannya segera terealisasi, dan untuk teman-teman yang sudah persiapannya matang, jangan ragu untuk menghubungi Caroline untuk mewujudkan cita-cita beli mobil bekas yang berkualitas dan terpercaya di Caroline.

Related Posts

29 komentar

  1. sekarang ini banyak sekali kemudahan yang ditawarkan pihak buyer sehingga memungkinkan calon pembeli mendapatkan barang yang diinginkan asal memastikan dulu hal hal penting terkait barang yang akan dibelinya. Supaya akad jual belinya nanti lancar dan barangnya sesuai dengan ekspektasi...makasih atas sharingnya mas yonal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, Mbul. Jangan sampai membeli kucing dalam karung, harus teliti sebelum membeli, ya agar mendapatkan mobil yang sesuai ekspektasi kita dan sesuai dengan budget yang kita siapkan untuk membeli

      Hapus
  2. alham dulillah tips sudah saya baca, tinggal keuangan yang belum ada hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk nabung bareng-bareng, Mas Alfan. Mudah-mudahan nanti kita punya mobil impian. Aamiin

      Hapus
  3. Enak nih ada Caroline.id jadi bisa cari-cari mobil sesuai budget. Udah lama naksir mobil impian cuma belum terealisasi, semoga setelah baca ini, makin semangat kencangkan sabuk pengaman. Biar segera bisa beli mobil impian amiinn.

    BalasHapus
  4. Pengalaman saya jual mobil tuh.... banyak banget makelar yang suka lihat, terus nawar, terus gak ada kabar. Untung sekarang ada CAroline.id
    Calon pembeli bisa cari-cari informasi dulu, termasuk banding-bandingin harga....

    BalasHapus
  5. Aku baru beli mobil second nih tapi nyesel karena ga beli via Caroline, karena lebih banyak pilihannya di sana dan lebih bagus kualitasnya.

    BalasHapus
  6. Test Drive memang diperlukan ya biar tahu dan merasakan juga ketika menjajal kendaraan sebelum membeli. Jadi bisa menambah keyakinan juga mau lanjut beli atau nggaknya

    BalasHapus
  7. Setuju. Meski beli mobil bekas, tetap ada kriterianya ya. Justru karena bekas kita harus lebih waspada. Beli di tempat terpercaya seperti Caroline ini aja ya

    BalasHapus
  8. Membeli mobil bekas sesuai budget dan menemukan mobil yang sehat sesuai ekspektasi, kudu beli via Caroline id nih. Sudah tentu meyediakan mobil bekas berkualitas dengan banyak pilihan.

    BalasHapus
  9. Kalau kendaraan secondhand juga punya jaminan garansi sih, serasa beli baru namun dengan harga yang terjangkau sih ya. Apalagi kalau hargo mobil bekas begini tuh biasanya bisa disesuaikan sama keinginan dan dana yang dipunya.

    BalasHapus
  10. Terkadang, budget menjadi salah satu alasan mengapa orang membeli mobil bekas ya mas
    Kalau beli mobil bekas harus hati hati
    Harus cek semuanya

    BalasHapus
  11. Tes drive nih yang paling penting. Kalo ga ngerti mesin, bisa bawa orang bengkel/yang pernah punya mobil. Jadi ngerti banget kondisi prima sebuah mobil.

    Kalo udah beres, baru kelengkapan suratnya sih. Jangan sampe krlihatan murah tapi ternyata turun mesin/masih banyak surat2 yang harus diurus.

    BalasHapus
  12. Pastinya sesuai budget, namun kondisi mesin harus betul-betul diperhatikan. Kalau mesin OK memastikan dokumen dan surat-surat kendaraan.

    BalasHapus
  13. Bisa jadi referensi nih soalnya kalo kualitas bagus dari pemilik sebelumnya worth it juga buat dibeli daripada beli baru

    BalasHapus
  14. Beli mobil bekas itu penting banget test drive selain cek mesin-mesinnya. Jangan sampai hanya lihat body luarnya aja, terus langsung beli. Saya kalau ada rezeki lebih juga pengennya beli mobil bekas saja. Selain harga murah, pajaknya juga gak semahal mobil baru. Hahhaa

    BalasHapus
  15. noted nih, nanti kalau mau beli mobil bekas cek ricek di caroline.id.
    dan memang sih, beli mobil bekas itu gampang-gampang susah, harus lebih jeli juga dan tentunya harus paham mesin juga.

    BalasHapus
  16. Boleh nih kak, saya juga pengen sih beli cash unit baru.
    Tapi seandaiya second masih seger dan fresh kenapa engga.

    Mulai nabung dan melirik caroline.id buat rekomendasi mobil bekas berkualitas.

    BalasHapus
  17. Kalo beli mobil bekas emg lebih enak bawa temen yg paham atau sekalian ke showroon yg terpercaya. Aku punya pengalaman nggak enak soalnya beli mobil bekas sendiri 😅

    BalasHapus
  18. biasanya memang kudu dicek secara menyeluruh ya kak, biar nggak rugi kalau ada apa2 di kemudian hari. terutama soal permesinan sih ya

    BalasHapus
  19. jadi ingat beli mobil bekas eh tiba-tiba dari jendela keluar api ngeri deh, kabelnya kloset atau apa, kalo mobil di caroline, id pastinya sudah dicek kelayakannya no woried deh

    BalasHapus
  20. beli mobil second hand kudu bener dicek sebaik mungkin sih. Biar ketahuan kalau ada masalah dan boncos, untuk itu perlu banget diketahui segala macam spesifikasi terutama permesinan

    BalasHapus
  21. sama mesti ngecek detil part part di mobil sih ya, jangan sampe ada lecet yang kelewat, ga bisa ditanggung dealer lagi buat perawatannya.

    BalasHapus
  22. Ulasannya cocok kebetulan saya mau menjual mobil, apa bisa ya lewat caroline ini? Auto langsung kepoin caroline (gusti yeni)

    BalasHapus
  23. Pas banget ada keluarga yang ingin membeli mobil namun bekas, tipsnya pasti bermanfaat banget agar lebih hati2 sebelum membeli

    BalasHapus
  24. test drive itu paling penting sih menurutku, soalnya pengalaman pernah beli mobil bekas ita test drive tapi yang ngasal gitu. hasilnya? yaah gak nyampe setaun banyak rudetnya jadi harus ganti lagi. auto intip Caroline.id buat nyari mobil bekas incaran nih

    BalasHapus
  25. nyari mobil second tuh sama aja ya kayak mau beli baru, harus perhatiin kualitasnya. supaya bisa dipake dalam waktu yang lama

    BalasHapus
  26. Mobil bekas juga perlu pemilihan yang baik agar tidak rugi membelinya meski dengan harga murah

    BalasHapus
  27. Mobil bekas di Caroline.id sudah terbukti kelayakannya.
    Karena kadang mungkin ada aja checklist yang terlewat ketika membeli barang second. Kalau dibantu dengan yang sudah berpengalaman, hati jadi lebih tenang.

    BalasHapus

Posting Komentar