a journey

Kenapa Menulis di Blog?

15 komentar
kenapa menulis di blog?

Dari sekian banyak platform menulis, blog adalah salah satu yang menjadi pilihan orang-orang yang hobi menulis. Pertanyaannya adalah kenapa memilih blog di antara sekian banyak aplikasi untuk menelurkan bakat yang kita punya. Berikut alasan-alasan kenapa menulis di blog bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kita menulis.

Yuk Menulis di Blog

Setiap orang pastinya mempunyai hobi yang berbeda-beda, dan menulis adalah salah satu yang menjadi pilihan banyak orang. Dewasa ini, dengan berkembangnya dunia digital dan banyaknya masyarakat yang sudah terkoneksi dengan internet memancing timbulnya banyak platform yang menyediakan sarana untuk menjadi tempat menulis.

Di antara sekian banyak platform menulis, blog adalah pilihan yang yang bisa menjadi alternatif. Kenapa menulis di blog?. Banyak alasan yang menjadikan kita bisa menjatuhkan pilihan pada blog. Beberapa di antaranya adalah:

keuntungan ngeblog

Data Tersimpan Dengan Rapi

Sebagai seorang penulis di blog, salah satu yang akan membuat kita nyaman adalah data atau arsip tulisan kita akan tersimpan dengan rapi. Biasanya di bagian sidebar, menu archive dapat kita lihat dengan susunan yang rapi. Untuk pola penyusunannya pun, kita sebagai blogger dapat mengaturnya. Di blog yang kita miliki, di menu tata letak, sidebar archive ini dapat kita atur dengan gaya hierarki, daftar plat, atau menu dropdown. Untuk tampilan frekuensi arsipnya pun dapat kita pilih dengan tampilan bulanan, mingguan, atau bahkan harian.

Tampilan Blog Bisa di Desain Sesuai Dengan Kreasi Penulis

Setiap blogger yang menggunakan template yang sama, belum tentu tampilannya bisa sama pula. Contohnya, setiap blogger yang menggunakan template Fiksioner by Igniel, tampilan hasilnya akan berbeda sesuai dengan kreasi dari para blogger sendiri. Pilihan warna latar, font yang akan kita gunakan, kreasi header, posisi tata letak setiap menu semuanya dapat disesuaikan dengan keinginan dari setiap blogger. So, feel free to create it. 

Menulis di Blog Bisa Menjadi Salah Satu Ladang Penghasilan

Untuk poin ini memang tidak serta merta bisa langsung terjadi, tetapi seiring dengan berjalannya waktu ketika postingan di blog sudah konsisten dan kualitas setiap konten yang semakin membaik, jalan untuk menghasilkan dari blog akan terbuka lebar, mulai dari memasang adsense, menjadi konten kreator, menjual backlink, sampai mengikuti banyaknya lomba menulis dengan platform blog ini. 

Kata kunci dalam mengelola blog supaya sesuai dengan apa yang kita idam-idamkan adalah berani mengutak-atik blog, tetapi akan lebih baik jika dalam masa belajar mengoptimalkan blog, akan lebih baik jika dipandu oleh orang-orang yang sudah lebih dulu berkecimpung dan berpengalaman di dunia blogging. Hal lain yang dapat kita jadikan panduan adalah situs-situs atau blog yang menyediakan konten tentang seluk beluk dunia blog. Salah satu referensi blog yang membahas blog yang dapat kita jadikan bahan untuk belajar adalah blogspedia.my.id

Penutup

Salah satu hal yang baik adalah mengerjakan hobi yang sesuai dengan ketertarikan hati, dan dengan hobi tersebut bisa mendatangkan kebaikan pula, kebaikan dengan menebar kemanfaatan, atau bahkan mendatangkan penghasilan. Menulis di blog bisa menjadi jalan untuk mencapai hal itu, setiap konten yang kita tuliskan di blog bisa jadi dapat memberikan kemanfaatan bagi setiap pembacanya, atau bahkan beberapa orang akan tertarik dengan tulisan kita dan mengajukan kerja sama yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. So, let's be literate guys.


Related Posts

15 komentar

  1. Kenapa menulis di blog?

    Hmm....kalau saya pribadi sih lebih karena di media blog-lah ruang untuk berkreasi dengan format penulisan tersedia. Maksudnya kalau dibandingkan media sosial yang pure text (Facebook mulai bisa sih main-main dengan format penulisan, tapi hanya bila diakses melalui PC.

    Selain itu, more or less sama seperti yang Mas Yonal sampaikan.

    BalasHapus
  2. Saya baru terpikir sekaran g kalau blog juga untuk mengarsip tulisan kita. Di dalam dunia non digital biasanya tercecer. Apalagi hobi saya membeli buku baru yang lucu supaya semangat menulis. Sekarang entah buku buku itu ada dimana, isi tulisannya pun saya sudah lupa.

    Kalau mas Yonal sendiri memilih yang mana di atas? anw, saya suka dengan warna blognya ...

    BalasHapus
  3. Sebenernya niatan aku buat blog juga udah lama juga sih mas , cuman masih bingung aja buat prakteknya karna cukup minder sih dengan blog2 yg udah keren sedangkan aku masih pemula , dan ini mau mulai lagi karna iya itu tadi ku ada hobi yg bingung mau taruh dimana supaya aku terus punya dokumentasi tentang hobi ku.

    BalasHapus
  4. Aamiiin. Semoga blog kita bisa segera menghasilkan cuan selain tulisan kita bermanfaat buat yang baca.

    BalasHapus
  5. Suka dengan penampilan blognya pak yonal, rapi dan adem. Alhamdulillah ada bonus plus plus ya dengan nulis di blog.

    BalasHapus
  6. Setuju pak, jadikan hobi kita lebih bermanfaat dan berpenghasilan 😄

    BalasHapus
  7. Mungkin butuh effort lebih hingga benar-benar tergila-gila dengan blog. Nah ini yang bunda alami...kadang rindu menulis blog itu menguap seiring tugas dunia nyata yang menumpuk :)

    BalasHapus
  8. Aku yang pelupa ini menjadikan blog salah satu jalan ninja biar tulisannya gak berceceran, walaupun kadang berujung di draft aja pak hehe

    BalasHapus
  9. Bener ya tulisan kita jadi terarsip. Daripada jadi draft di gdrive atau dokumen. Aku juga berharap bisa menghasilkan cuan dari blog hehe

    BalasHapus
  10. Setjuuu. Tulisan jadi lebih rapi dan terjadwal juga yaa kalau menulisnya di blog.
    Ehh btw aku baru tau kalau template nya pak Yo ganti Fiksioner :D

    BalasHapus
  11. iya betul pa Yonal, data jadi tersimpan rapi ya, kalo kita perlu lagi bisa tinggal lihat blog daripada cari file word yang lupa simpan di laptop

    BalasHapus
  12. Baru ngeh, pada akhirnya pak Yonal ganti template juga ngikut teman-teman hehehe. Memang ada banyak alasan untuk tetap mencintai platform ini ya Pak.. semoga istiqomah ngeblognya.

    BalasHapus
  13. sejak lulus blogspedia, aku baru main lagi ke blog sini pak. warna ijo nya jadi beda, eh ternyata template nya juga berubah :D satu lagi yang aku suka dari nulis di blog adalah.. nulisnya bisa panjaaaang wkwk

    BalasHapus
  14. Pak pake igniel ya? Wah aku salfok haha btw setiap blogger emang punya alasannya ngeblog ya pak, bawa happy aja lah

    BalasHapus
  15. Wah, templatenya lebih fresh! Iya ya, walaupun templatenya sama-sama dari Igniel, tapi rasanya beda banget antara yang satu dengan yang lainnya

    BalasHapus

Posting Komentar